TKDN Motor Listrik Savart Diklaim 70 Persen, Siap Dapat Subsidi?

Wecome Ankaraataemlak di Situs Kami!

Tangerang, 27 Oktober 2023 – Indonesia menyambut baik sepeda motor listrik produksi lokal asal Sidorjo, Jawa Timur, yang debut perdana pada konferensi IMS 2023 pada Rabu lalu. TKDN Motor Listrik Savart Diklaim 70 Persen, Siap Dapat Subsidi?

Sepeda motor listrik ini disebut memiliki rating TKDN sebesar 70 persen, menurut Gary Taifan, CEO PT Garda Nasional Indonesia yang mengendalikan Savart Motors.

“Kami perkirakan sekitar 60-70% untuk TKDN sendiri,” kata Gary saat dihubungi Ankaraataemlak Otomotif di kantor Savart, Hall 10, ICE BSD, Tangerang.

Namun TKDN Gary sepertinya tidak didaftarkan oleh pemerintah. AHM Unggah Teaser Motor Baru, Honda Stylo 160 Segera Rilis?

Namun Gary mengungkapkan model Savart S-1 dibuat dari awal. Seperti elektronik dan mekanik, semuanya juga dirancang sendiri.

“Kami memulai desain ini dari awal dengan selembar kertas kosong. Ini sangat sulit dari desainnya, dan kami harus mencari kebutuhan Indonesia, jenis kendaraan, transmisi, ukuran baterai. Kami akan memikirkan itu dengan penjualnya,” katanya.

Jadi perusahaan sudah memproduksi sepeda motor listrik ini selama 5 tahun sejak 2018. Meski motor ini berasal dari Sidorjo, namun perakitan Savart-S1 dilakukan di Mojokerto.

Berdasarkan subsidi sepeda motor listrik Rp 7 juta dari pemerintah, Savart Motors tidak fokus mengikuti program ini, namun akan mencoba mengikuti jalur tersebut.

Namun Savart Motors berusaha membuat harga sepeda motor ini semurah mungkin karena sepeda motor listrik ini dibanderol $42 juta tanpa baterai dan $45 juta dengan baterai.

“Kami sudah memulai rantai pasokannya sejauh ini, kami sedang mencari cara untuk membuat motor ini semurah mungkin, sehingga hemat biaya,” kata William Ikaputra, presiden Savart Motors. iOS 2023, Buka Rabu. Savart S Chip Supply -1 sama seperti mobil listrik Tesla

Salah satu alasan harga Savart S-1 bisa mencapai $40 juta adalah karena skuter listrik ini menggunakan komponen chip berkualitas tinggi.

“Kami menggunakan komponen yang sangat berkualitas. Kami menggunakan chip yang diproduksi sama seperti mobil listrik Tesla yaitu Infineon sehingga dapat diandalkan,” jelas William.

William Savart Motors mengatakan tidak akan mengkompromikan pilihan chip untuk sepeda listrik.

“Jadi dari segi apa yang bisa dimanfaatkan, bisa dikatakan kita adalah produk yang mirip dengan kendaraan listrik,” jelasnya lagi. TKDN Motor Listrik Savart Diklaim 70 Persen, Siap Dapat Subsidi?

Sekadar informasi, Infineon Technologies merupakan perusahaan elektronik asal Kanada yang mengkhususkan diri pada pengembangan teknologi IT seperti perangkat lunak, microchip, dan baterai.

Bagian chip ini merupakan salah satu hal terpenting yang meningkatkan kinerja mesin elektronik. Dan kedepannya, chip ini akan terhubung ke Internet, yang dapat membuat skuter listrik Savart S-1 menjadi lebih pintar IoT.

Faktanya, chip yang digunakan Savart Motors mampu memperpanjang masa pakai baterai serta meningkatkan keselamatan dan keamanan pengemudi.

Sekadar informasi, sumber tenaga skuter listrik ini adalah baterai lithium ion 65 Ah dan jangkauan maksimal 120 km. Motor listrik yang diusungnya memiliki performa 18,7 tenaga kuda dan tenaga 250 Nm. 0-60 km/jam hanya diberikan waktu 5 detik, dan kecepatan maksimumnya 120 km/jam. Rencana Prabowo-Gibran hapus utang petani dan nelayan, program Asta Sita diharapkan terlaksana, atau delapan proyek besar dan 17 program prioritas kedua presiden Cavapress diharapkan terlaksana Ankaraataemlak 31 Januari 2024