Tips Mengenali Gejala Turun Mesin dan Cara Mencegahnya

Wecome Ankaraataemlak di Website Kami!

Jakarta, 12 Januari 2024 – Mesin ibarat jantung sebuah mobil, performa optimalnya menjamin pengendaraan mulus dan nyaman. Namun, penggunaan, keausan, dan kinerja menurun. Tips Mengenali Gejala Turun Mesin dan Cara Mencegahnya

Oleh karena itulah pemilik mobil perlu memahami konsep overhaul atau biasa disebut dengan engine overhaul. Ekspor Mobil Indonesia Turun, Impor Naik

Istilah engine removal digunakan untuk overhaul karena merupakan proses pelepasan mesin dari bodi mobil. Hal ini dilakukan untuk perbaikan, yaitu penggantian komponen yang bermasalah dan pemulihan kinerja optimal.

Namun kapan Anda tahu kapan mesin Anda perlu dirombak? Berikut beberapa tandanya yang dikutip Ankaraataemlak Otomotif dari laman Daihatsu Indonesia:

1. Asap Gas Putih Asap putih kental dengan bau besi terbakar menandakan adanya masalah kompresi, yang mungkin menandakan piston rusak dan perlu diganti.

2. Temperatur mesin terus meningkat. Apakah mesin cepat panas meski pada kecepatan rendah? Hindari kepanasan, bisa berakibat fatal! Langkah pertama adalah menghentikan dan mematikan pendingin agar proses pendinginan lebih maksimal.

3. Air Radiator Menipis Radiator kehilangan air akibat kebocoran atau panas berlebih. Jika airnya berminyak, mungkin karena kepala silinder mesin mengalami kebocoran oli.

4. Busi yang penuh oli dapat masuk ke ruang bakar akibat rusaknya ring piston. Dampaknya busi menjadi lembap dan tidak bisa berfungsi maksimal. Selain itu, jumlah pelumasannya juga terus berkurang.

Pemilik mobil punya beberapa cara untuk mencegah mesin mati. Yang pertama adalah perawatan rutin sesuai jadwal pabrikan.

Hal berikutnya adalah memastikan cairan radiator berada dalam batas yang disarankan. Jika dikurangi, dapat ditingkatkan dengan mengikuti petunjuk bengkel. Tips Mengenali Gejala Turun Mesin dan Cara Mencegahnya

Dengan perawatan rutin dan kewaspadaan terhadap tanda-tanda masalah, Anda dapat menghindari biaya perbaikan besar dan menjaga mesin mobil Anda bertahan lebih lama. Jadi, jagalah mobil dan jaga kesehatan jantung mobil. Perusahaan patungan Indomobile melebarkan sayapnya di Indonesia dengan PT Shinhan Indo Finance yaitu Shinhan Card Co., Ltd. bekerja sama. dan Grup Indomobil terus menunjukkan komitmennya untuk memperkuat pasar Indo Ankaraataemlak pada 2 Februari 2024.