Terkini: Tom Lembong vs Bahlil terkait Investasi di IKN, Ekonom Kritisi soal Politisasi Bansos

Selamat datang Ankaraataemlak di Situs Kami!

Ankaraataemlak, Jakarta – Berita terkini perekonomian dan bisnis hingga Rabu sore, 24 Januari 2024, dimulai dari Menteri Investasi Bahlil Lahadalia menunjuk Co-Captain Tim Nasional Pemenang (TPN) Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (Anies-Cak Imin atau AMIN) ), Tom Lembong, tak sekadar gaduh soal investasi di Ibu Kota Negara atau IKN Nusantara. Terkini: Tom Lembong vs Bahlil terkait Investasi di IKN, Ekonom Kritisi soal Politisasi Bansos

Menyusul hal tersebut, Ali Mochtar Ngabalin mengundurkan diri dari jabatannya sebagai Staf Ahli Kantor Staf Presiden atau KSP. Alasan pengunduran dirinya adalah untuk mencalonkan diri pada pemilu 2024 sebagai calon legislatif (Caleg).

Selain itu, hal berbeda terjadi pada konferensi media yang digelar Kementerian Investasi hari ini. Awalnya Menteri Investasi dan Kepala BKPM Bahlil Lahadalia mengumumkan perkembangan investasi di Tanah Air pada pukul 11.00 WIB, namun realisasinya tertunda lebih dari 30 menit.

Kemudian, Direktur Institute for Demographic and Poverty Studies (Idea), Yusuf Wibisono menanggapi dugaan politisasi bantuan pangan beras atau bansos menjelang pemilu 2024.

Terakhir, Ketua Umum Asosiasi Serikat Pekerja Indonesia (Aspecti) Mirah Sumirat mengatakan, banyak perusahaan yang menggunakan pemutusan hubungan kerja (PHK) sebagai kedok.

Kelima berita ini paling mudah diakses oleh pembaca saluran Ekonomi dan Bisnis Ankaraataemlak. Berikut rangkuman lima berita yang sedang tren:

Berikutnya: 1. Tom Lembong menantang pemerintah untuk membuka investasi IKN satu per satu….

1. Tom Lembong Tantang Pemerintah Buka Satu Per Satu Investasi IKN, Bahlil: Saya Tidak Bisa Bongkar

Menteri Investasi Bahlil Lahadalia mengatakan, Wakil Ketua Tim Pemenangan Nasional (TPN) Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (Anies-Cak Imin atau AMIN), Tom Lembong, tidak boleh hanya membuat gaduh soal investasi di Ibu Kota Negara atau IKN Nusantara.

Hal ini terjadi setelah Tom Lembong menyebut investasi di IKN tidak realistis. Tom Lembong juga menantang pemerintah untuk menjelaskan nilai investasi masing-masing investor.

Teman saya kadang halusinasinya tinggi, kata Bahlil saat ditemui di Kantor Kementerian Investasi, Rabu, 24 Januari 2024. PT Techno9 Indonesia Tbk Segera Luncurkan Aplikasi Medis dan Pendidikan Jelang IPO

Bahlili mengatakan, investasi swasta sudah terealisasi. Ia lalu mencontohkan Konsorsium Nusantara yang menyisakan dana sekitar Rp 20-25 triliun. Namun, Bahlil mengatakan rincian investasi masing-masing perusahaan dalam konsorsium tersebut belum bisa dirilis.

Baca cerita lengkapnya di sini.

2. Profil Ali Mochtar Ngabalin yang Mundur dari KSP, Kritikus terhadap Jokowi Bahkan Masuk Istana

Ali Mochtar Ngabalin telah mengundurkan diri dari jabatannya sebagai Staf Ahli Kantor Staf Presiden atau KSP. Alasan pengunduran dirinya adalah untuk mencalonkan diri pada pemilu 2024 sebagai calon legislatif (Caleg).

Ngabalin mengundurkan diri bersama tujuh ahli KSP lainnya. Hal ini diumumkan oleh Plt. Wakil Kepala Staf Kepresidenan IV Rawanda Wandy Tuturoong diterima Tempo pada Rabu, 24 Januari 2024.

Sebelumnya, Ngabalin juga sempat cuti sebagai Kepala Staf Ahli Deputi IV Bidang Komunikasi Politik dan Penyaluran Informasi PSK pada November 2023. Alasan cutinya pun sama, yakni mencalonkan diri sebagai Caleg.

Ngabalin lahir di Fakfak, Papua Barat pada bulan Desember 1968. Ia mengenyam pendidikan dasar di SD Inpres dan dilanjutkan di Medresah Tsanawiyah dan Medresah Aliyah di Fakfak. Ngabalin juga bersekolah di Muallimin Muhammadiyah, Makassar. Beliau merupakan lulusan Sarjana Informasi Penyiaran Keagamaan Islam IAIN Alauddin Makassar. Selain itu, Ngabalin juga kuliah di Universitas Indonesia jurusan Ilmu Komunikasi.

Baca cerita lengkapnya di sini.

Berikutnya: 3. Bahlil Klarifikasi LFP Sebelum Investasi Dilakukan Konferensi Pers….

3. Bahlil melakukan klarifikasi kepada LFP sebelum investasi dilakukan dalam jumpa pers

Ada yang berbeda dalam konferensi pers yang digelar Kementerian Investasi hari ini. Awalnya Menteri Investasi dan Kepala BKPM Bahlil Lahadalia mengumumkan perkembangan investasi di Tanah Air pada pukul 11.00 WIB, namun realisasinya tertunda lebih dari 30 menit.

Pasalnya, alih-alih menjelaskan dulu mengenai perolehan kinerja investasi, Bahlil Lahadalia justru mengawali pemaparannya dengan topik baterai kendaraan listrik nikel dan litium ferrofosfat (LFP). Seperti diketahui, baterai LFP menjadi sasaran setelah dibahas dalam sesi Debat Cawapres 2024 pada Minggu malam, 21 Januari 2024.

“Tidak benar jika ada mantan pejabat atau pemikir ekonomi yang menyatakan bahwa saat ini nikel tidak diikuti, sedangkan investor sedang mengikuti material yang digunakan untuk produksi mobil listrik LFP,” kata Bahlil.

Baca cerita lengkapnya di sini.

4. Meskipun mengkritik politisasi bantuan sosial, para ekonom mengapresiasi bahwa bantuan pangan seharusnya bersifat sementara

Direktur Institute for Demographic and Poverty Studies (Idea) Yusuf Wibisono menanggapi dugaan politisasi bantuan pangan beras atau bansos menjelang pemilu 2024.

Ia menghitung, dugaan politisasi bansos menguat signifikan di era Presiden Joko Widodo (Jokowi) karena presiden sangat aktif terlibat dalam penetapan kebijakan bansos.

Keraguan tersebut muncul setelah Jokowi memutuskan memperpanjang jangka waktu penyaluran bansos hingga Juni mendatang. Program kesejahteraan, selain berpotensi bersifat politis, juga harus bersifat sementara.

Prinsip dasarnya bansos bersifat sementara dan akan direalokasikan kepada penerima manfaat baru lainnya ketika penerima manfaat lama sudah tidak membutuhkannya lagi, yaitu ketika kesejahteraannya sudah membaik, kata Yusuf saat dihubungi Tempo, Rabu, 24 Januari 2024.

Baca cerita lengkapnya di sini.

Berikutnya: 5. PHK semakin marak pasca disahkannya undang-undang penciptaan lapangan kerja….

5. PHK semakin meluas setelah undang-undang penciptaan lapangan kerja disahkan, aspek-aspek yang menyoroti berbagai metode perusahaan

Ketua Asosiasi Serikat Pekerja Indonesia (Aspecti) Mirah Sumirat mengatakan, banyak perusahaan yang menggunakan pemutusan hubungan kerja (PHK) sebagai kedok. Terlebih lagi, PHK semakin marak setelah adanya Omnibus Law UU Cipta Kerja atau UU Cipta Kerja. Aturan ini dinilai meringankan kewajiban perusahaan dalam memberikan pesangon.

“Fenomena perusahaan yang banyak melakukan PHK terhadap pekerjanya sedang terjadi. Setelah Omnibus Law Cipta Kerja atau UU Cipta Kerja disahkan, hal tersebut semakin banyak terjadi. Semakin banyak perusahaan yang melakukan PHK terhadap pekerjanya,” kata Mirah, Selasa. 23 Januari 2024.

Ia menemukan, perusahaan yang melakukan PHK kemudian membuka kembali lowongan untuk posisi yang sama. Pihak Indonesia juga melakukan investigasi terhadap pegawai yang diberhentikan tersebut. Alhasil, yang dipecat merupakan pegawai lama, dengan masa kerja lebih dari 10 tahun.

Baca cerita lengkapnya di sini. Terkini: Tom Lembong vs Bahlil terkait Investasi di IKN, Ekonom Kritisi soal Politisasi Bansos

Pilihan Redaksi: Jokowi Berikan Bantuan Rp 8 Juta Per Hektare kepada Petani Korban El Nino, Begini Penjelasan BNPB

Airlangga Hartarto mengatakan soal petisi yang diajukan akademisi sejumlah universitas. Baca selengkapnya

Rektor Unmuh Babel Fadillah Sabri mengatakan, penyimpangan prinsip demokrasi terjadi pada masa kepemimpinan Jokowi hampir di semua tingkat pemerintahan. Baca selengkapnya

Nama Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka masuk dalam Daftar Pemilih Tetap (TPS) 34, Desa Manahan, Kecamatan Laweyan, Kota Solo, Jawa Tengah. Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Solo menyatakan hingga Jumat, 2 Februari 2024, belum ada perubahan TPS Gibran ke TPS lain. Baca selengkapnya

TKN Prabowo-Gibran mengaku tidak menganggap debat sebagai instrumen pemilu untuk memperbanyak pilihan. Baca selengkapnya

Civitas Alumni dan Civitas Akademika UIN Syarif Hidayatullah pun mengirimkan pernyataan sikap kepada Jokowi jelang pemilu 2024. Baca selengkapnya

Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok membenarkan telah mengundurkan diri sebagai Komisaris Utama alias Komut PT Pertamina (Persero). Baca selengkapnya

3 besar dunia kemarin memperingatkan Jepang tentang Donald Trump, Jokowi disorot media asing karena kampanyenya yang berujung pada pemilihan parlemen di Taiwan. Baca selengkapnya

Kata Arie, Butet Kartaredjasa juga mengajak masyarakat membenci Jokowi dengan menciptakan opini soal kedatangan Presiden di Yogyakarta. Baca selengkapnya

Menteri manakah yang akan menyusul Mahfud MD mundur? Baca selengkapnya

Calon Presiden Anies Baswedan senang karena beberapa kampus juga turut menyuarakan keprihatinannya terhadap kondisi bangsa saat ini. Baca selengkapnya