Planet yang Mirip dalam Film Superman Ditemukan, Besarnya 11 Kali Lipat dari Jupiter

Wecome Ankaraataemlak di Website Kami!

Ankaraataemlak Tekno – Jika Anda mengira planet Jupiter itu besar, maka Anda akan ternganga ketika mengetahui tentang planet ini. Planet yang Mirip dalam Film Superman Ditemukan, Besarnya 11 Kali Lipat dari Jupiter

Sebuah planet asing raksasa berukuran 11 kali Jupiter telah ditemukan pada orbit terjauh di sekitar bintang induk tunggal yang pernah ditemukan.

Planet ekstrasurya yang baru ditemukan, bernama HD 106906 b, menarik semua benda planet lain di Tata Surya dan mengorbit bintangnya pada 650 kali jarak normal Bumi ke Matahari. Tak heran jika planet ini mirip dengan gambaran planet di film Superman.

Keberadaan planet dengan orbit dan jarak yang begitu jauh menimbulkan pertanyaan baru tentang bagaimana planet aneh ini terbentuk, kata para peneliti.

“Sistem ini sangat menarik karena tidak ada satu pun model pembentukan planet atau bintang yang dapat sepenuhnya menjelaskan apa yang kita lihat,” kata pemimpin peneliti Vanessa Bailey, mahasiswa tahun kelima di Departemen Astronomi Universitas Arizona, dalam sebuah pernyataan. . Rabu, 6 Desember 2023

Teori standar pembentukan planet menyatakan bahwa planet yang mengorbit bintangnya, seperti Bumi, berawal dari benda kecil mirip asteroid yang berkumpul dalam piringan gas dan debu primitif di sekitar bintang yang sedang berevolusi.

Namun, proses ini terlalu lambat untuk menjelaskan bagaimana planet raksasa terbentuk jauh dari bintangnya, kata para peneliti.

Hipotesis lain menunjukkan bahwa planet-planet raksasa yang jauh mungkin terbentuk sebagai sistem bintang kecil, kata Bailey.

“Sistem bintang biner dapat terbentuk ketika dua benda gas yang bertetangga runtuh membentuk sebuah bintang, dan bintang-bintang tersebut berada cukup dekat satu sama lain untuk mengerahkan tarikan gravitasinya dan mengikat dirinya bersama dalam orbit,” jelasnya.

Dalam sistem HD 106906, bintang dan planet mungkin telah runtuh dengan sendirinya, namun tidak cukup material yang terkumpul untuk membentuk sebuah planet sehingga cukup tumbuh untuk menjadi bintang baru, kata Bailey.

Namun, masih ada permasalahan dalam situasi ini. Perbedaan massa antara dua bintang dalam sistem biner biasanya tidak lebih dari perbandingan 10 banding 1. “Dalam kasus kami, rasionya lebih dari 100 banding 1,” kata Bailey. Planet yang Mirip dalam Film Superman Ditemukan, Besarnya 11 Kali Lipat dari Jupiter

“Rasio massa ekstrem ini tidak diprediksi oleh teori pembentukan bintang biner, sama seperti teori pembentukan planet yang memperkirakan bahwa kita tidak dapat membentuk planet yang jauh dari bintangnya.”

Planet HD 106906 b baru berusia 13 juta tahun dan masih bersinar karena sisa panas pembentukannya, kata para peneliti. Sebagai perbandingan, Bumi terbentuk 4,5 miliar tahun yang lalu, menjadikannya 350 kali lebih besar dari planet ekstrasurya yang baru ditemukan.

Planet ini ditemukan menggunakan kamera inframerah termal yang dipasang pada Teleskop Magellan di Gurun Atacama, Chili. Para peneliti menggunakan data dari Teleskop Luar Angkasa Hubble untuk mengkonfirmasi temuan mereka. Planet ini memiliki ekor yang panjang karena tertiup angin matahari. Sebuah planet mirip komet di luar tata surya kita kehilangan lebih banyak atmosfernya karena ekornya yang lebih besar dari perkiraan sebelumnya. Ankaraataemlak 18 Januari 2024