Olahraga 30 Menit Tiap Hari, Ini Manfaat yang Bisa Anda Peroleh

Selamat datang Ankaraataemlak di Situs Kami!

Ankaraataemlak, JAKARTA – Berapa banyak tugas produktif yang dapat Anda selesaikan dalam 30 menit sehari? Jika Anda ingin menghabiskan waktu melakukan hal-hal yang membuat Anda merasa lebih pintar dan sehat, ada banyak cara untuk menghabiskan 30 menit untuk aktif. Olahraga 30 Menit Tiap Hari, Ini Manfaat yang Bisa Anda Peroleh

Menghabiskan waktu penting ini adalah gaya hidup yang tidak bisa dianggap remeh oleh sebagian besar dari kita. Menurut laman Eat Not This, pelatih pribadi Blink Fitness Ellen Thompson mengungkap manfaat olahraga 30 menit sehari.

Selain itu, sains juga mendukung proposisi ini. Menurut peneliti di University of Copenhagen, olahraga 30 menit per hari sama efektifnya dengan olahraga satu jam untuk menurunkan dan menurunkan berat badan.

Rata-rata pria yang berolahraga 30 menit sehari kehilangan 3,6 kg selama tiga bulan, sedangkan pria yang berolahraga satu jam hanya kehilangan 2,7 kg. “Kehilangan massa tubuh sekitar 4 kg pada kedua kelompok,” kata Mads Rosenkilde, mahasiswa Fakultas Ilmu Biomedis.

Delapan manfaat olahraga 30 menit: Wamenkes RI Soroti Aturan Ketat Singapura, Beri Label Makanan Sehat vs Tak Sehat

1. Meningkatkan kesehatan jantung

Secara umum, American Heart Association merekomendasikan olahraga intensitas sedang lima hari seminggu untuk mencegah penyakit kardiovaskular (CVD). “Olahraga teratur memperkuat jantung dan meningkatkan sirkulasi. Hal ini mengurangi risiko penyakit jantung dan penyakit kardiovaskular degeneratif lainnya,” kata Thompson.

2. Manajemen berat badan

Tetap aktif membantu Anda membakar kalori dan membangun massa otot, yang keduanya membantu penurunan berat badan dan penurunan berat badan. Sebuah penelitian yang dilakukan di Universitas Kopenhagen menemukan bahwa pria yang berolahraga 30 menit sehari kehilangan sekitar 8 pon dalam tiga bulan.

3. Meningkatkan kelenturan dan kekuatan

“Secara umum, olahraga membantu membangun kekuatan dan meningkatkan fleksibilitas, yang keduanya penting untuk mobilitas secara keseluruhan,” kata Thompson. Maka tidak mengherankan jika menambahkan 30 menit olahraga sehari dapat meningkatkan peluang Anda meningkatkan kekuatan dan fleksibilitas.

4. Mengurangi stres dan meningkatkan mood

Pernahkah Anda bertanya-tanya mengapa Anda merasa sangat baik setelah berolahraga? Olahraga lebih dari sekedar merasa bangga pada diri sendiri. “Olahraga melepaskan endorfin, hormon alami yang membuat tubuh merasa nyaman,” kata Thompson.

5. Meningkatkan kualitas tidur

Anda tidak perlu memaksakan diri terlalu keras saat berolahraga. Faktanya, menurut Sleep Foundation, olahraga ringan selama 30 menit sehari dapat mengurangi kecemasan dan membantu Anda tidur lebih nyenyak di malam hari. “Aktivitas fisik yang teratur dapat meningkatkan kualitas tidur karena mengatur pola tidur dan mendorong tidur nyenyak. Ini dapat meningkatkan energi Anda sepanjang hari,” kata Thompson.

6. Meningkatkan imunitas tubuh

Olahraga 30 menit saja sudah bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh. “Olahraga teratur dikaitkan dengan sistem kekebalan yang lebih kuat, yang dapat membantu tubuh melawan penyakit dan infeksi,” kata Thompson. Olahraga 30 Menit Tiap Hari, Ini Manfaat yang Bisa Anda Peroleh

7. Meningkatkan fungsi kognitif

Sederhananya, olahraga baik untuk otak Anda. Faktanya, olahraga telah terbukti mencegah penurunan mental akibat penuaan (misalnya membantu meningkatkan daya ingat, perhatian, dan kemampuan mempelajari hal-hal baru).

8. Meningkatkan kesehatan tulang

Regimen olahraga yang sehat harus mencakup latihan aerobik dan kekuatan yang kuat. “Olahraga menahan beban, seperti memanjat dan latihan ketahanan, membantu meningkatkan dan menjaga kepadatan tulang, yang penting untuk mencegah osteoporosis dan patah tulang seiring bertambahnya usia,” kata Thompson.