Nggak Cuma Jus Jeruk, Ini Sederet Minuman Vitamin C buat Penuhi Kebutuhan Harian

Sugeng rawuh Ankaraataemlak di Website Kami!

Jakarta – Nggak Cuma Jus Jeruk, Ini Sederet Minuman Vitamin C buat Penuhi Kebutuhan Harian

Sudah banyak yang mengetahui bahwa jus jeruk merupakan minuman bervitamin C, nyatanya selain minuman ini banyak juga minuman yang mengandung vitamin C yang bisa diminum sesuai permintaan. tubuh setiap hari.

Vitamin C atau dikenal juga dengan nama asam askorbat merupakan salah satu nutrisi yang berperan dalam menunjang kesehatan tubuh. Mengonsumsi vitamin C dapat membantu menjaga pembuluh darah, tulang rawan, otot, dan produksi kolagen.

Tak hanya itu, vitamin C juga berperan dalam mengendalikan infeksi dan menyembuhkan luka, serta mencegah dampak buruk radikal bebas seperti penyakit jantung, kanker, dan lain-lain.

Oleh karena itu, tidak heran jika kita sering mendengar anjuran mengenai asupan vitamin C setiap hari. Memenuhi kebutuhan vitamin C dapat dilakukan dengan berbagai cara, seperti mengonsumsi makanan, suplemen, dan minuman yang mengandung vitamin C. Minuman vitamin C. Wamenkes RI Soroti Aturan Ketat Singapura, Beri Label Makanan Sehat vs Tak Sehat

Kalau bicara soal minuman vitamin C, jus lemon pastinya tidak boleh dilewatkan. Hal ini tidak mengherankan, sebab satu buah jeruk saja bisa mengandung 53,2 miligram (mg) vitamin C.

Di sisi lain, kebutuhan harian vitamin C untuk orang dewasa pada umumnya adalah 75 mg untuk wanita dan 90 mg untuk pria. Sedangkan batas konsumsi vitamin C hariannya adalah 2.000 mg. Artinya jeruk dapat memenuhi kebutuhan tersebut.

Namun, jika Anda bosan mengonsumsi jeruk untuk mendapatkan vitamin yang dibutuhkan, ada minuman vitamin C lain yang bisa Anda andalkan setiap hari. Apakah mereka? 1. jus

Meski kandungan vitamin C-nya mirip dengan jeruk, namun jeruk bukanlah buah yang kandungan vitamin C-nya paling tinggi. Kandungan vitamin C pada jeruk jauh lebih rendah dibandingkan pada jambu biji.

Diambil dari situs Prevention, satu buah jambu biji bisa mengandung vitamin C hingga 125,6 mg. Sedangkan dalam bentuk jus, satu gelas jus bisa mengandung vitamin C hingga 53 mg.

Tak hanya itu, jambu biji juga mengandung lebih sedikit gula dibandingkan jeruk. Oleh karena itu, buah ini dapat menjadi sumber vitamin C bagi orang yang menjaga kadar gula darah.2. jus mangga

Mangga merupakan buah tropis lainnya yang memiliki jumlah vitamin C serupa. Dikutip dari laman Cleanplates, satu gelas jus mangga mengandung sekitar 64 persen dari tunjangan harian yang dianjurkan (DV).

Satu buah mangga mengandung vitamin C hingga 122 mg. Tak hanya itu, buah ini juga mengandung zeaxanthan, yaitu antioksidan yang mampu menjaga kesehatan mata dan mencegah efek paparan sinar biru. 3. jus nanas

Vitamin C sering dikaitkan dengan buah jeruk seperti jeruk. Namun, nanas bisa menjadi pilihan lain untuk memenuhi kebutuhan harian Anda akan vitamin ini.

Segelas jus nanas bisa mengandung vitamin C hingga 110 mg. Bagi sebagian orang, jumlah tersebut sudah cukup untuk memenuhi RDA.

Selain itu, nanas juga mengandung zat bernama bromelain yang dipercaya dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan melancarkan pencernaan. 4. jus pepaya

Buah yang juga dikenal dengan nama kates ini merupakan sumber vitamin C. Satu buah pepaya bisa mengandung vitamin C hingga 95 mg. Nggak Cuma Jus Jeruk, Ini Sederet Minuman Vitamin C buat Penuhi Kebutuhan Harian

Tak hanya itu, buah pepaya juga mengandung enzim bernama papain dan chymopapain yang dapat membantu mengurangi peradangan.5. Jus tomat

Selain terdapat pada buah-buahan, vitamin C juga bisa didapat dari sayuran tertentu. Salah satunya adalah tomat.

Dikutip dari Prevention, satu gelas jus tomat bisa mengandung vitamin C hingga 170 mg. Ditambah lagi, satu gelas jus tomat bisa menyediakan 21 persen vitamin A dan 15 persen potasium yang Anda butuhkan.6. Teh Kembang Sepatu

Selain jus buah dan sayur, ada juga minuman yang mengandung vitamin C dalam bentuk teh, seperti teh kembang sepatu. Diambil dari Cleanplates, satu cangkir teh kembang sepatu mengandung sekitar 44 mg vitamin C atau 59 persen kebutuhan vitamin C harian untuk wanita dan 49 persen vitamin C untuk pria. setiap hari untuk pria.

Kandungan vitamin C pada teh kembang sepatu juga bisa ditingkatkan dengan menambahkan jus lemon. Tonton video “Awas! Aspartam banyak terdapat pada soda” (ath/vyp)