Mpok Atiek Idap Penyakit Tumor Usus, Simak Ini Gejala dan Penyebab yang Bisa Dirasakan

Wecome Ankaraataemlak di Website Kami!

Ankaraataemlak Lifestyle – Artis senior Mpok Atiq belakangan ini diterpa kabar tak sedap. Siapa sangka komedian berusia 67 tahun itu baru saja mengumumkan dirinya mengidap tumor usus. Mpok Atiek Idap Penyakit Tumor Usus, Simak Ini Gejala dan Penyebab yang Bisa Dirasakan

Ia juga membeberkan gejala yang pertama kali dialaminya akibat penyakit yang dideritanya. Mpok Atik menjelaskan, awalnya ia hanya merasakan gejala seperti sakit perut seperti kembung terus-menerus. Ia sering mengalami sembelit, atau kesulitan buang air besar.

Gejala awalnya adalah sakit perut terus-menerus, seperti kembung, perut kembung, sembelit, jelas Mpok Atik saat mengunjungi kawasan Kapten P Tendian, Jakarta Selatan.

Lantas, apa sebenarnya gejala tumor usus? Di bawah ini kami rangkum informasi dari berbagai sumber mengenai gejala dan penyebab penyakit yang dialami artis kawakan Mpok Atiek; SupaVent, Solusi Inovatif Kurangi Udara Panas di Dalam Rumah

Kenali tumor usus besar, gejala dan penyebabnya

Tumor sebenarnya mengacu pada suatu kondisi dimana sel berkembang biak terlalu cepat, dengan massa jaringan yang tidak normal, dan terjadi ketika sel membelah lebih dari yang seharusnya atau tidak mati sebagaimana mestinya.

Pada dasarnya ada tiga jenis tumor dengan karakteristik dan ukuran berbeda, dan dapat terjadi hampir di mana saja di tubuh, termasuk tumor usus.

Tiga ciri-ciri tumor usus adalah:

1. Tumor usus jinak. Tumor ini tidak bersifat kanker dan tidak menyerang jaringan di sekitarnya atau menyebar ke bagian tubuh lain. Biasanya tumor ini tidak muncul kembali setelah diangkat.

2. Tumor usus pramaligna. Kondisi tumor ini perlu diwaspadai karena meski belum bersifat kanker, namun bisa bersifat ganas.

3. Tumor Usus Ganas/Kanker Usus Besar Tumor ganas usus dapat digolongkan sebagai kanker usus dimana sel-selnya dapat tumbuh dan menyebar ke bagian tubuh lainnya.

Mengetahui jenis tumor usus akan menunjukkan risiko bahayanya. Oleh karena itu, diperlukan screening untuk mendeteksinya.

Penyebab tumor usus besar

Penyebab pasti dari tumor usus belum diketahui. Namun kombinasi beberapa faktor diduga dapat meningkatkan risiko seseorang terkena tumor usus. Berikut beberapa faktor risiko yang dilansir dari salah satu sumber Tumor usus sebelumnya pada lansia Penyakit gastrointestinal genetik atau keturunan seperti kolitis ulserativa dan penyakit Crohn

Gejala Tumor Usus Besar

Berikut gejala tumor usus yang perlu Anda ketahui. Tumor usus sendiri mungkin timbul dari sel lemak, pembuluh darah, otot polos, kelenjar saluran cerna, atau jaringan saraf usus. Tumor yang timbul pada otot dan kelenjar usus biasanya berujung pada keganasan atau kanker. Mpok Atiek Idap Penyakit Tumor Usus, Simak Ini Gejala dan Penyebab yang Bisa Dirasakan

Pada saat yang sama, massa usus yang berasal dari sel lemak dan pembuluh darah jarang bersifat ganas. Gejala jarang terjadi kecuali benjolannya besar, pecah, atau menekan jaringan di sekitarnya. Penderita dapat mengalami berbagai gejala atau tanda, seperti: Benjolan di perut, nyeri perut Mual, Diare, Sembelit, Tinja berdarah; Kesulitan berpisah

Massa kanker di usus dapat menyebabkan gejala di atas. Namun, gejala kanker biasanya berupa pendarahan gastrointestinal dan penurunan berat badan yang parah.

Banyak kasus tumor usus yang ditemukan secara tidak sengaja saat pemeriksaan penunjang untuk diagnosis lain, biasanya melalui pemeriksaan fisik atau USG perut.

Jika Anda memiliki beberapa faktor risiko tumor usus besar dan beberapa gejala, dokter mungkin akan melakukan pemeriksaan berupa kolonoskopi. Jika ditemukan jaringan abnormal saat tes, dokter juga akan mengambil biopsi atau sampel jaringan. canda Menteri PUPR Basuki Narji saat menyambut Kagart. Momen tersebut terjadi saat Basuki hendak mengulurkan tangannya untuk berjabat tangan dengan Narji, namun Narji malah membuang muka dan berjabat tangan dengan rekan MC-nya. Mereka berdua tertawa. Ankaraataemlak 30 Januari 2024