Mentan Amran Terus Pastikan Akselerasi Produksi Padi dan Jagung Berjalan Lancar

Selamat datang Ankaraataemlak di Website Kami!

Ankaraataemlak, Lombok Tengah – Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman memimpin aksi tanam padi bersama petani Nusa Tenggara Barat (NTB) di Desa Batu Jai, Kecamatan Praya Barat, Lombok Tengah pada Kamis (25/1). Mentan Amran Terus Pastikan Akselerasi Produksi Padi dan Jagung Berjalan Lancar

Dalam acara tersebut, Menteri Pertanian Amran meyakinkan program percepatan produksi padi dan jagung tahun ini akan terus berjalan lancar.

Baca Juga: Serukan Swasembada Pangan, Mentan Ajak Petani dan Pekerja DIY Tingkatkan Produktivitas

“Saya di sini melihat langsung untuk memastikan kita mempercepat penanamannya. Saat ini sedang terjadi El Niño gorila, jadi masa tanamnya diundur dua bulan. kata menteri. Amran. . Terbongkar, Biang Kerok Pendidikan dan Pelatihan di Indonesia Belum Merata

Untuk membantu mempercepat produksi padi dan jagung, Menteri Pertanian Amran melakukan perjalanan ke berbagai daerah di Indonesia untuk memulai gerakan menanam.

Baca Juga: Menteri Pertanian Amran Sri Sultan bertemu langsung dengan HB X, bahas isu penting

Baru-baru ini, Menteri Pertanian Amran juga berhasil mendapatkan tambahan subsidi pupuk sebesar Rp14 triliun dari Presiden Jokowi untuk mendongkrak produksi beras dan jagung Indonesia.

“Kami mengunjungi 13 pabrik dalam dua bulan. Saya sampaikan kepada presiden, masalah kita adalah pupuk. Kasih pupuk, kasih pupuk, kita harus produksi. Akhirnya presiden kasih subsidi pupuk Rp 14 triliun,” jelas Menkeu. Pertanian Amran.

Baca juga: Wakil Menteri Pertanian Amrans Koreksi Data Salah yang Diperdebatkan: Kami Khawatir Mungkin Ada…

Di bawah kepemimpinannya, Menteri Pertanian Amran memandang Lombok sebagai salah satu kunci keberhasilan swasembada beras dan jagung.

“Dulu swasembada jagung bisa sukses karena NTB, Lombok, dan Sumbawa ikut serta dalam swasembada jagung,” kata Menteri Pertanian Amran.

Begitu pula dengan NTB yang memproduksi beras pada tahun 2023 sebanyak 880,99 ribu ton, meningkat 53,47 ribu ton atau 6,46 persen dibandingkan produksi beras tahun 2022 sebanyak 827,52 ribu ton.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) pada 15 November 2023, NTB menyediakan 1,2 juta ton jagung dari 14,4 juta ton produksi jagung dan merupakan pemasok jagung terbesar ke-4 setelah Jawa Timur, Jawa Tengah, dan Indonesia. . Sumatera Utara..

“Jika pupuk tersedia maka swasembada pangan akan terwujud. Saya yakin Lombok bisa mendukung swasembada pangan Indonesia,” pungkas Menteri Pertanian Amran. Mentan Amran Terus Pastikan Akselerasi Produksi Padi dan Jagung Berjalan Lancar

Dalam kunjungan kali ini, Kementerian Pertanian (Kementan) memberikan bantuan kepada Pemkab Lombok Tengah berupa benih padi sebanyak 11 ribu hektare dan benih jagung 8 ribu hektare senilai Rp10,94 miliar.

Diantaranya benih padi 38.500 hektare dan benih jagung 176 ribu hektare senilai Rp 171,49 miliar, serta benih padi 2,5 ton untuk provinsi NTB.

Selain dukungan benih padi dan jagung, Kementerian Pertanian juga memberikan dukungan benih hortikultura berupa benih buah-buahan, lada, dan bawang putih untuk provinsi NTB. (mrk/jpnn)