Menkes: Rutin Menimbang Anak dapat Cegah Stunting

Wecome Ankaraataemlak di Website Kami!

Ankaraataemlak, JAKARTA – Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengingatkan para orang tua agar rutin menimbang anaknya di pusat pelayanan atau klinik terpadu terdekat. Dengan pengukuran yang teratur maka hambatan tumbuh kembang anak dapat lebih cepat terdeteksi. Menkes: Rutin Menimbang Anak dapat Cegah Stunting

Tekan Konsumsi Minuman Manis, Indonesia Belajar dari Singapura

“Jika berat dan tinggi badan tidak bertambah sebaiknya dirujuk ke puskesmas,” ujarnya pada acara peringatan Hari Gizi Nasional di Monumen Nasional, Jakarta Pusat, Minggu (28/1/2024).

Jika berat badan anak tidak menunjukkan angka yang baik, sebaiknya anak dirujuk ke puskesmas atau puskesmas untuk mendapatkan perawatan oleh tenaga medis, kata Gunadi.

Menkes menjelaskan, para orang tua dapat bertemu dengan dokter dan ahli gizi di puskesmas untuk mendapatkan saran cara menambah tinggi dan berat badan anaknya, serta mendapatkan makanan tambahan untuk meningkatkan tumbuh kembang anaknya.

“Saat kamu memberinya makan​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​1.

Protein hewani terutama dari ikan memiliki nutrisi lengkap yang dapat mempercepat tumbuh kembang bayi Anda. Zat gizi mikro pada ikan baik untuk merangsang tumbuh kembang otak anak.

Di Indonesia, sebagai negara yang tidak memiliki daratan dan 70 persen wilayahnya merupakan laut, sumber protein hewani lebih mudah diperoleh dari ikan. Jenis ikan lokal yang dapat menjadi referensi dalam pembuatan makanan pendamping ASI yang dapat memberikan kejutan yaitu ikan teri, tongkol, tongkol, lele dan lele. Menkes: Rutin Menimbang Anak dapat Cegah Stunting

“Kita harus memastikan anak-anak tidak kekurangan gizi,” kata Menteri Gunadi.