ITB Akui 10 Mahasiswa Sudah Gunakan Pinjol Danacita

Sugeng rawuh Ankaraataemlak di Portal Ini!

Ankaraataemlak, Bandung – Rektor ITB mengungkapkan, sebanyak 10 mahasiswanya menggunakan lembaga pembiayaan atau pinjaman online (nanas) Danacita. Sebagian besar peminjam pelajar berasal dari sekolah pascasarjana atau pascasarjana. ITB Akui 10 Mahasiswa Sudah Gunakan Pinjol Danacita

“Akhir-akhir ini hanya 10 orang yang meminjam banyak, dan jumlah mahasiswa pascasarjana lebih banyak dibandingkan sarjana,” kata Wakil Presiden Bidang Keuangan, Perencanaan, dan Pengembangan ITB Profesor Muhammad Abduh di gedung ITB, Rabu (31 Januari 2024). Anak Usia Dini Tidak Wajib Bisa Membaca

Ia mengatakan, pasar pinjaman Pembiayaan Danacita tidak cocok untuk pelajar atau orang tua yang memiliki masalah keuangan. Pihaknya bekerja sama dengan Danacita karena ada pasar mahasiswa yang membutuhkannya.

Pendanaan dengan Danacita bersifat opsional, bukan yang utama, kata Abduh. “Dengan bersinergi, kami semakin yakin mereka (mahasiswa) mengambil pinjaman ilegal secara online,” ujarnya.

Direktur Keuangan ITB Anas Maruf mengatakan mahasiswa yang meminjam uang kuliahnya di Danacita akan ditransfer langsung ke kampus. Siswa yang mengajukan permohonan bantuan keuangan harus mendapat persetujuan dari orang tua yang bersangkutan.

Dia mengatakan, lebih banyak lamaran yang ditolak daripada diterima. Karena pinjaman tersebut tidak ada jaminan, maka penyaringannya sangat ketat.

Anas menambahkan, mereka yang meminjam uang ke Danacita tidak mengalami kesulitan dalam melakukan pembayaran. “Tidak ada kasus dimana mahasiswa tidak mampu membayar,” ujarnya.

Sebelumnya jagat media sosial diramaikan dengan reaksi negatif warganet terhadap postingan tersebut. ITB Akui 10 Mahasiswa Sudah Gunakan Pinjol Danacita

Terlihat pada postingan tersebut terdapat foto formulir yang berisi informasi cicilan bulanan Institut Teknologi Bandung (ITB). Program ini bekerja sama dengan pihak ketiga.

Tabel tersebut menunjukkan bahwa pihak ketiga tersebut merupakan mitra resmi ITB. Selain itu, ada juga paket cicilan mulai dari 6 bulan hingga 12 bulan. Proses pengajuan tidak memerlukan uang muka (DP) dan tidak ada jaminan.