Ingin Terdepan di AI, Meta Berencana Borong 350.000 Unit GPU Nvidia H100

Wecome Ankaraataemlak di Portal Ini!

JAKARTA – Mark Zuckerberg akan berinvestasi besar-besaran untuk memperkuat infrastruktur kecerdasan buatan (AI) Meta. Ini akan dilaksanakan pada tahun 2024. Ingin Terdepan di AI, Meta Berencana Borong 350.000 Unit GPU Nvidia H100

Zuckerberg berencana membeli 350.000 GPU Nvidia H100 dari Nvidia. Langkah tersebut, katanya, adalah untuk mempercepat upaya AI open source yang dapat mendukung apa pun. Dari manufaktur dan pengembangan hingga teknologi yang dapat dikenakan dan asisten kecerdasan buatan. Polemik Rencana Kominfo Wajibkan Publisher Game Berbadan Hukum, Seperti Apa?

Dikatakan bahwa investasi infrastruktur Meta AI diperlukan untuk menciptakan Artificial General Intelligence (AGI) penuh yang mampu memberikan penalaran, perencanaan, pengkodean, dan keterampilan lainnya kepada para peneliti, pencipta, dan konsumen dunia.

Techspot melaporkan Senin (22/1/2024) bahwa CEO Meta ingin mengembangkan model AI baru sebagai produk open source, memberikan aksesibilitas tingkat tinggi bagi pengguna dan organisasi dari semua ukuran.

Permintaan yang tinggi terhadap H100 mengakibatkan waktu tunggu yang lama. Akibatnya, beberapa perusahaan tertinggal dari pesaingnya dalam hal menunggu penyelesaian.

Omedia mengatakan pesanan Nvidia H100 memiliki lead time 36 hingga 52 bulan karena meningkatnya permintaan.

Peningkatan daya komputasi dan kecepatan pemrosesan adalah pendorong terbesar bagi Meta dan perusahaan lain yang ingin memperoleh sumber daya AI.

Menurut Nvidia, H100 dengan InfiniBand Interconnect 30 kali lebih cepat dibandingkan Nvidia A100 dalam modul kecerdasan buatan dan komputasi kinerja tinggi (HPC).

Unit ini juga memiliki kecepatan pemrosesan IEEE FP64 dan FP32 tiga kali lipat dibandingkan A100 sebelumnya.

Peningkatan tersebut disebabkan oleh performa clock pada streaming multiprocessor (SM), banyaknya SM tambahan, dan kecepatan clock yang lebih tinggi. Ingin Terdepan di AI, Meta Berencana Borong 350.000 Unit GPU Nvidia H100

Dengan USD 30.000 atau setara Rp 450 juta untuk GPU, investasi pada H100 bukanlah hal yang main-main. Meta berkomitmen untuk tidak hanya eksis di bidang kecerdasan buatan, tetapi juga memimpin inovasi buatan di masa depan.