Harga Mobil Daihatsu Tetap Meski Rupiah Melemah, Ini Rahasianya

Sugeng rawuh Ankaraataemlak di Portal Ini!

Jakarta, 29/11/2023 – Nilai tukar rupiah terhadap dolar AS terus melemah sejak Mei tahun ini, dan hal ini turut mendorong kenaikan harga berbagai barang, termasuk industri otomotif. Harga Mobil Daihatsu Tetap Meski Rupiah Melemah, Ini Rahasianya

Meski demikian, PT Astra Daihatsu Motor mengaku belum berencana menaikkan harga mobil meski rupee terus melemah. Pemotor Tendang Knalpot Yamaha Aerox, Warganet Adu Debat

Hal tersebut diungkapkan Direktur Pemasaran dan Direktur Perencanaan Perusahaan dan Komunikasi ADM Sri Agung Handayani dalam wawancara media baru-baru ini di Jakarta.

“Memang nilai tukar naik signifikan, tapi belum berdampak langsung ke konsumen. Untuk saat ini kami menganggap konsumen jauh lebih penting,” ujarnya seperti dilansir Ankaraataemlak Otomotif.

Menurut Agung, kenaikan nilai tukar rupiah berdampak pada biaya produksi mobil, terutama bahan baku impor. Namun ADM mampu menahan kenaikan harga karena tingginya penggunaan kandungan lokal.

“Kandungan lokal kita cukup tinggi. Jadi kita tidak bergantung pada impor. Kebetulan produk kita kandungan lokalnya rata-rata 80 persen,” ujarnya.

Terkait pasar mobil Indonesia tahun ini, Agung mengaku ada sedikit peningkatan dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

Penjualan eceran kendaraan bermotor roda empat atau lebih sebanyak 825.691 unit, meningkat 0,4 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu, menurut data Gabungan Produsen Mobil Indonesia atau Gaikindo pada bulan Oktober. Harga Mobil Daihatsu Tetap Meski Rupiah Melemah, Ini Rahasianya

Agung memperkirakan pasar mobil Indonesia pada paruh pertama tahun 2023 sangat bagus karena baru saja selamat dari pandemi. Namun pada paruh kedua tahun ini, konsumen masih menunda pembelian mereka hingga pemilihan parlemen pada bulan Februari tahun depan.

“Saya kira pasar di paruh pertama sangat bagus karena kita baru keluar dari pandemi. Kemudian di paruh kedua, konsumen mungkin masih wait and see terkait tahun politik. Beberapa perusahaan (terdampak) bursa rate parity, mungkin dalam pengambilan keputusan malah wait and see,” jelasnya. Mobil entry baru ini memperkenalkan warna spesial untuk pasar Indonesia. Pabrikan mobil asal China Build Your Dreams (BYD) menghadirkan BYD Atto sebagai mobil listrik. pilihan mobil di pasar Indonesia. Sebagai pemula di Tanah A Ankaraataemlak pada tanggal 31 Januari 2024