Google: Netizen Indonesia Lebih Aware Berita Hoax Pemilu

Sugeng rawuh Ankaraataemlak di Portal Ini!

Jakarta – Google: Netizen Indonesia Lebih Aware Berita Hoax Pemilu

Cerita Pesawat Ruang Angkasa Jepang Mendarat di Bulan, Lalu Kekurangan Tenaga

Muriel Makarim, Manajer Pemasaran Google di Indonesia, menemukan bahwa kebiasaan dan minat pengguna internet Indonesia meningkat drastis selama periode pemilu.

Ia mengatakan dibandingkan 10 tahun terakhir, minat masyarakat Indonesia terhadap pengecekan fakta dan berita palsu mengalami peningkatan, dan akan meningkat secara signifikan saat pemilu dimulai pada akhir tahun 2023.

“Kita lihat sejak bulan September, banyak masyarakat Indonesia yang membuka Google untuk mencari informasi terkini, untuk mengetahui apakah berita yang mereka baca itu benar dan untuk mengetahui apakah sumber berita tersebut dapat dipercaya,” kata Muriel Makarim Makarim dalam jumpa pers. . dan acara seminar #IukUnderstandPemilu yang diadakan di Jakarta pada Senin (31 Januari 2024) untuk mencari ciri-ciri berita hoax dan mencari “cara menghindari terpaan berita hoax”.

Sejak September tahun lalu, Google telah mengumumkan serangkaian fitur, langkah, bahkan acara melalui kemitraan dengan Bavaslu, KPU, Cominfo, Fact Check, Mafindo dan lainnya. Hal ini merupakan upaya Google untuk melindungi masyarakat dari berita palsu, khususnya seputar pemilu 2024.

Salah satu hal yang dilakukan Google adalah meluncurkan kampanye bertajuk “Periksa ulang sebelum Anda bersikap nakal” yang dibintangi oleh aktor Vincent Rompies. Google mengatakan tujuan kampanye ini adalah untuk membantu masyarakat Indonesia segera berpikir apakah itu misinformasi ketika mereka menerima informasi.

Makarim mengatakan melalui kampanye ini telah berhasil menjangkau 57 juta masyarakat di Indonesia, dimana 74% diantaranya adalah Gen Z dan generasi milenial yang menonton konten tersebut. Hal ini kemudian membuat mereka lebih pintar dalam mendeteksi lelucon dan mengidentifikasi apakah konten gambar atau video tersebut merupakan manipulasi. Google: Netizen Indonesia Lebih Aware Berita Hoax Pemilu

“Kami akan melanjutkan upaya memerangi misinformasi dan terus memastikan masyarakat Indonesia memiliki akses terhadap informasi yang andal dan tepat waktu, yang pada akhirnya menciptakan lingkungan online yang produktif dan aman bagi seluruh segmen masyarakat Indonesia,” tutupnya. Tonton video “Google untuk Pixel 8 menambahkan varian warna baru” (jsn/jsn)