Dokter Selamatkan Nyawa Penumpang Pesawat Pakai Apple Watch

Selamat datang Ankaraataemlak di Portal Ini!

Jakarta – Dokter Selamatkan Nyawa Penumpang Pesawat Pakai Apple Watch

Menurut laporan, seorang dokter asal Inggris yang menggunakan Apple Watch berhasil menyelamatkan seorang penumpang pesawat yang menderita sesak napas selama penerbangan. BMKG: Enam Daerah di Banten Berpotensi Hujan Lebat Disertai Petir dan Angin Kencang

Dokter tersebut adalah Rashid Diaz, 43 tahun, yang diketahui bekerja di Rumah Sakit Hereford di Inggris. Saat itu, pada 9 Januari 2024, ia sedang melakukan perjalanan dengan penerbangan Ryanair dari Birmingham, Inggris menuju Verona, Italia.

Saat penerbangan, pramugari menanyakan apakah ada penumpang yang berprofesi dokter karena ada seorang wanita lanjut usia yang membutuhkan pertolongan karena sesak napas. Dr. Diaz pun dengan sukarela membantunya.

Menurut laporan Gizmochina, wanita tersebut awalnya tidak menjawab pertanyaan dokter, namun setelah dokter mengetahui bahwa dia memiliki masalah jantung, dia meminjamkan Apple Watch kepada pramugari untuk memeriksa kondisinya.

Diaz kemudian meminta oksigen kepada awak pesawat untuk menstabilkan saturasi oksigen wanita tersebut sebelum pesawat mendarat di Verona.

Ia mengungkapkan bahwa ia belajar banyak tentang penggunaan Apple Watch selama penerbangan. Ia juga menekankan bahwa ini adalah pelajaran bagaimana kita dapat mengidentifikasi masalah penerbangan dengan gadget dasar yang dapat membantu dalam situasi darurat.

Diaz juga memuji Ryanair dalam menangani situasi ini dan mengatakan maskapai penerbangan juga harus mempertimbangkan peralatan kesehatan diagnostik dalam penerbangan. Dokter Selamatkan Nyawa Penumpang Pesawat Pakai Apple Watch

Perangkat ini dapat digunakan untuk mengukur metrik kesehatan penting seperti tekanan darah dan saturasi oksigen, serta menentukan apakah seseorang mengalami keadaan darurat diabetes.

Sebelumnya diketahui bahwa Apple kalah dalam gugatan di mana perusahaan tersebut mengklaim bahwa Apple melanggar hak kepemilikannya atas teknologi pengukuran oksigen darah. Hal ini menyebabkan fitur oksigen darah dinonaktifkan di beberapa seri Apple Watch. Tonton “Apple Watch Series 9 dan Ultra 2 Dihapus dari Pasar AS” (jsn/jsn)