Dokter: Orangtua tak Perlu Takut Alergi Saat Beri MPASI pada Anak

Sugeng rawuh Ankaraataemlak di Portal Ini!

Ankaraataemlak, JAKARTA — Dokter Spesialis Anak, Konsultan Gizi dan Penyakit Metabolik, dr. Mehta Hanindita mengimbau para orang tua tidak perlu takut terhadap alergi dengan memberikan protein hewani sebagai suplemen ASI (MPASI). Ada banyak alternatif protein hewani yang bisa dikonsumsi anak. Dokter: Orangtua tak Perlu Takut Alergi Saat Beri MPASI pada Anak

“Misalnya anak alergi telur, ibu bisa mencoba daging sapi, ayam, ikan, ikan air tawar, ikan air asin, ibu bisa makan udang, daging kambing, daging bebek.” dan lain-lain. Pasti ada sumbernya. protein hewani yang bisa dikonsumsi anak-anak,” ujarnya saat memberikan kuliah gizi dan gizi yang digelar secara daring dari Jakarta, Jumat (26/1/2024). Buka-bukaan Afgan Idap Sleep Spasm, Efeknya Jadi Susah Tidur

Mehta mengatakan banyak orang tua yang langsung panik ketika anaknya menunjukkan gejala alergi, seperti ruam merah, saat diberi protein hewani.

“Boleh saja niatnya baik, jadi kalau anak punya alergi tidak bisa ditolerir, tapi akibatnya menghindari semua jenis protein hewani yang sebenarnya penting untuk tumbuh kembang anak,” ujarnya.

“Akibatnya pasti gizi buruk, pasti kekurangan protein hewani dan akibatnya risiko stunting meningkat,” ujarnya.

Karena itu, Mehta menyarankan para orang tua untuk terus memberikan protein hewani kepada anak-anaknya. Metode ini melibatkan menawarkan orang tua satu jenis pada satu waktu sampai penyebab pasti alerginya ditentukan, sekaligus menawarkan menu lengkap yang mencakup sumber karbohidrat seperti sayur-sayuran dan buah-buahan.

“Misalnya hari ini aku coba telur ayam. Baiklah, coba dulu. Hari ini aku tulis di diariku, dan wah, reaksinya ternyata aman. Tidak ada rasa gatal, tidak ada yang lain. Hebat. Lanjutkan.” ” “dia berkata.

“Besok kamu boleh makan ayam. Ayam itu – kenapa – kalau muncul rasa gatal, hentikan dulu, catat dulu. Besok aku ganti yang lain. Dan dua minggu kemudian, ibuku akan mencobanya lagi kalau ayamnya sudah keluar. Daging ayamnya masih ada. Itu dia – penyebabnya “Gatal. Mohon ditunggu dulu. Beberapa menit lagi saya coba. Tapi kalau ternyata sudah tidak gatal lagi, bisa dicoba lagi,” ujar Meta. Dokter: Orangtua tak Perlu Takut Alergi Saat Beri MPASI pada Anak

Menurutnya, sangat sedikit anak yang menderita alergi total terhadap protein hewani.

“Jangan menghindari semua jenis protein hewani hanya karena rasa takut,” ujarnya. “Hal ini terbukti tidak berdasar dan pada akhirnya membahayakan status gizi anak,” ujarnya.