Digempur Satelit Elon Musk Cs, Satelit LEO Masih Relevan?

Wecome Ankaraataemlak di Website Kami!

Jakarta – Digempur Satelit Elon Musk Cs, Satelit LEO Masih Relevan?

Teknologi satelit Low Earth Orbit (LEO) mengubah lanskap industri satelit, khususnya keberadaan satelit Geostationary Earth Orbit (GEO). Kominfo Sebut X Basmi Bot yang Bikin Keyword Mahfud Hilang di Pencarian

Berdasarkan ketinggiannya, satelit LEO saat ini berada di posisi orbit terbawah, 500 hingga 1.200 km di atas permukaan bumi. Saat itu, satelit GEO berada pada jarak terjauh dari permukaan bumi, yakni mencapai 36 ribu.

Sebagai informasi, satelit LEO yang dikenal saat ini adalah Starlink dan OneWeb. Saat itu BRISat, Telkom 3S, satelit GEO seperti Telkom Merah Putih dan Nusantara Satu.

“Secara umum satelit GEO memiliki banyak kelebihan. Pertama, pelacakan satelitnya sederhana dibandingkan LEO. Kedua, satu satelit bisa mencakup wilayah yang sangat luas,” ujar dosen ITB itu. Kelompok Keahlian Telekomunikasi; kata Ridwan Effendy dalam diskusi terkait dengan Indotelko Forum. Selasa (30/1/2024) Hadapi masa depan industri satelit GEO di Jakarta.

Keempat, penyebarannya relatif mudah dan cepat. Begitu menjadi satelit, begitu diluncurkan, satelit itu dibangun dengan stasiun bumi.”

Ridwan memulai dari posisi kelemahan yang diketahui di Star Wars, kelemahan satelit GEO, mengalami gerhana satelit; keterlambatan reproduksi yang tinggi; Dimulai dengan koordinasi orbit terbatas dan frekuensi peluncuran satelit jangka panjang.

Pada saat yang sama, satelit LEO memiliki keunggulan latensi yang lebih cepat dibandingkan satelit GEO. Namun untuk mencapai komunikasi pesawat luar angkasa ini membutuhkan jumlah yang sangat besar, jumlahnya bisa ribuan.

Dari segi umur, satelit LEO sangat singkat dibandingkan dengan satelit GEO. Pada saat yang sama, satelit GEO memiliki umur yang panjang hingga 15 tahun.

Sigit Puspito Wigati Jarot, Kepala Divisi Infrastruktur Nasional Mastel, mengatakan semakin pendek umur satelit LEO akan menyebabkan lebih banyak sampah luar angkasa. Digempur Satelit Elon Musk Cs, Satelit LEO Masih Relevan?

“Perencanaan peluncuran GEO memakan waktu lama. ok Ini (satelit LEO) baru berumur lima tahun dan satelitnya akan terbuang sia-sia. Jadi nanti satelitnya jadi sampah (sampah luar angkasa). Dibuang kalau sudah tidak ada lagi. digunakan tidak akan menjadi masalah Tonton video “SpaceX Berhasil Meluncurkan Satelit Starlink di Roket Falcon 9” (agt/fay)