Dampak Minyak Rem Mobil Jarang Diganti

Wecome Ankaraataemlak di Portal Ini!

Jakarta, 24 Oktober 2023 – Minyak rem merupakan komponen yang sangat penting dalam sistem pengereman sebuah mobil. Dampak Minyak Rem Mobil Jarang Diganti

Minyak rem digunakan untuk mentransfer tekanan dari pedal rem ke kaliper rem untuk menghentikan mobil. Minyak rem memiliki masa pakai dan harus diganti secara berkala. Konsistensi KTB Menjaga Kualitas Layanan Diler Mitsubishi Fuso

Jika minyak rem sering diganti maka akan berdampak buruk pada sistem pengereman mobil. Berikut beberapa hasil penggantian minyak rem dilansir Ankaraataemlak Otomotif dari laman Suzuki Indonesia:

1. Berkurangnya kemampuan pengereman akan menurunkan kualitas minyak rem yang digunakan dalam jangka waktu lama. Hal ini dapat mengurangi kemampuan pengereman mobil. Karena mobil terasa lebih berat saat melakukan pengereman, maka jarak berhenti pun akan semakin jauh.

2. Rem blong Jika minyak rem tidak diganti dalam waktu lama, maka akan menyebabkan air masuk ke sistem rem. Air dapat menurunkan titik didih minyak rem. Jika minyak rem mendidih maka akan menyebabkan rem blong.

3. Kerusakan pada komponen rem Minyak rem yang sudah lama digunakan akan menyebabkan komponen rem menjadi rusak. Hal ini dapat merusak komponen rem seperti rotor, kaliper, dan master silinder.

Kapan sebaiknya Anda mengganti minyak rem?

Produsen mobil umumnya menganjurkan penggantian minyak rem setiap 2 tahun sekali atau 40.000 kilometer. Namun jika mobil sering digunakan di daerah dengan cuaca buruk atau sering terkena air, minyak rem mungkin juga perlu segera diganti.

Berikut beberapa tips merawat minyak rem Anda:

1. Hindari mengemudi di daerah dengan cuaca buruk. 2. Hindari kontak dengan air. 3. Periksa level minyak rem secara berkala. Dampak Minyak Rem Mobil Jarang Diganti

Dengan perawatan yang tepat maka minyak rem akan bekerja dengan baik dan sistem pengereman mobil akan aman. Sebuah tragedi terjadi di dalam mobil ini, seorang gadis berusia 5 tahun meninggal setelah ditinggalkan di dalam mobil yang panas selama 4 jam. Ibu korban yang merupakan pegawai rumah sakit melaporkan kepada Ankaraataemlak pada 1 Februari 2024.