Daftar Mobil Listrik Terlaris di Indonesia, Siapa Juaranya?

Selamat datang Ankaraataemlak di Website Kami!

JAKARTA – Puluhan kendaraan listrik resmi memasuki jalanan Indonesia. Baik kendaraan listrik tersebut berasal dari pabrikan China, Jepang, dan Eropa. Daftar Mobil Listrik Terlaris di Indonesia, Siapa Juaranya?

Penjualan kendaraan listrik meningkat didorong oleh berbagai pilihan, insentif pemerintah, dan peningkatan ekosistem kendaraan ramah lingkungan. Pada tahun 2023, total penjualan kendaraan listrik secara nasional mencapai 17.062 unit. Data tersebut berdasarkan catatan penjualan grosir yaitu pengiriman dari pabrik ke dealer yang diterbitkan oleh Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo). Ekspor Mobil Indonesia Turun, Impor Naik

Sedangkan untuk mobil listrik terlaris di Indonesia tahun 2023, Gaikindo menempatkan Hyundai Ioniq 6 di urutan teratas dengan penjualan grosir sebanyak 7.176 unit. Menarik karena kendaraan listrik bergaya SUV ini hadir dengan banderol harga yang lumayan.

Di posisi kedua ada Wuling Aviation EV dengan rekor penjualan 5.575 unit. Uniknya, Wuling Bingo EV resmi dijual pada awal Desember 2023, menduduki peringkat ketiga dengan penjualan 1.393 unit.

Namun, hal ini biasa terjadi pada setiap mobil baru. Pertimbangkan bahwa produsen mendistribusikan dalam jumlah besar untuk memenuhi kebutuhan penjual. Perlu diingat, pesanan kendaraan listrik Bingo juga mencapai ribuan.

Disusul BMW iX, mobil listrik asal Eropa, dengan penjualan 615 unit. Mobil premium ini sukses memikat hati konsumen Indonesia dengan desain dan performanya.

Selain itu, Toyota bZ4X menduduki peringkat kelima dengan penjualan grosir sebanyak 479 unit. Disusul mobil listrik Jepang Hyundai Ioniq 6 yang terjual sebanyak 263 unit.

Secara keseluruhan, penjualan kendaraan listrik masih kalah bersaing dengan kendaraan berbahan bakar fosil. Faktanya, angka penjualan tersebut masih tertinggal jauh dari penjualan lebih dari 54.000 kendaraan hybrid pada Januari hingga Desember 2023. Daftar Mobil Listrik Terlaris di Indonesia, Siapa Juaranya?

Berikut daftar mobil listrik terlaris di Indonesia tahun 2023:

1. Hyundai Ioniq 5 : 7.176 unit