CERMIN: Nanti Kita Cerita tentang Perceraian Ini

Wecome Ankaraataemlak di Portal Ini!

Jakarta – 1979. Film Kramer vs. Kramer dirilis dan kita mengetahui bahwa perceraian tidak hanya merugikan dua pihak tetapi tiga pihak sekaligus. CERMIN: Nanti Kita Cerita tentang Perceraian Ini

Saat tayang di bioskop, banyak iklan Kramer vs. Kramer yang menggemparkan publik. Tagline ‘Ada tiga sisi kisah cinta ini’ mengisyaratkan bahwa film tersebut berkisah tentang keluarga bahagia, meskipun kisah perpecahan keluarga dengan hujan air mata terlihat dalam film tersebut.

Namun, pada saat yang sama, Kramer v. Kramer memberi tahu kita bahwa tidak hanya dua pihak yang dirugikan tetapi tiga pihak atau lebih bisa dirugikan dalam sebuah perceraian. Dalam film Kite Saver, anak-anak diberi lebih banyak ruang untuk mengeksplorasi dampak perpisahan orang tua terhadap kondisi mentalnya.

Di tengah hubungan Ares dan Conan yang masih renggang, Raya ibarat pertarungan dua gajah yang punya waktu. Seolah belum cukup rumit, Lydia, wanita yang menghancurkan rumah Ares dan Conan, segera menjadi istri sah ayah Rey. Lantas, di tengah situasi yang tidak menyenangkan seperti itu, anak mana yang tidak patah hati dan terus-menerus khawatir? Adu Outfit Park Min Young Jadi Karyawati Kantoran, dari Drakor What’s Wrong with Secretary Kim hingga Marry My Husband

Penulis skenario Uka Arora berharap para penonton Kite Potts the Movie dapat menonton serial drama yang langsung viral dan meraup 15 juta views di hari pertama peluncurannya di WeTV. Saya bukan bagian dari 15 juta penonton.

Foto: Gambar MD

Namun Oka memberikan kemudahan bagi kita untuk mengikuti cerita yang diceritakan dengan cukup mudah ini meski saya kurang mendapat gambaran tentang latar belakang karir Ares dan Kanan. Betapa buruknya hubungan mereka saat masih menikah.

Tapi mungkin aku tidak terlalu peduli dengan latar belakang Ares dan Kanan karena aku lebih tertarik melihat karakter seorang anak lugu yang menderita akibat perceraian orang tuanya. Roy diperankan secara cemerlang oleh aktris cilik Graciela Abigail, yang sebelumnya membintangi remake Miracle on Sale no. Dia bekerja sama cemerlangnya di 7.

Berkat Graciela, saya melihat lebih jelas dari sudut pandang berbeda bagaimana reaksi anak-anak terhadap dampak perceraian terhadap dinamika hubungan antara orang tua dan unit keluarga.

Kedua putriku bisa merasakan bahwa Roy merasa seperti korban perceraian, namun mereka tidak berani mengatakannya secara jujur. Berkat Grisel, betapa sulitnya menginjak-injak pengeras suara sampai mati di antara gajah yang terus-menerus berkelahi.

Mungkin karena saya tidak menonton serialnya sehingga tidak mencoba membandingkan kemampuan akting Rehanon dan Putri Marino. Keduanya adalah aktris berkaliber tinggi, keduanya telah menerima Piala Sitra sebagai pengakuan atas bakat mereka.

Foto: Gambar MD

Beberapa kali saya merasakan déjà vu ketika melihat Rehanon dan Reza Rahadian dalam peran yang sama, dengan penampilan fisik yang sama, dalam film Tortiyar (2019) yang disutradarai oleh sutradara yang sama, Benny Setiwan. Triple déjà vu ini sempat cukup mengganggu untuk beberapa saat, meski elemen tangisan yang kembali membuatku merasa seperti sedang menonton film Kite Potts.

Namun pertanyaan besarnya, apakah penonton serial tersebut akan terhibur dengan versi filmnya? Tidak ada yang baru atau kreatif dalam cerita ini sejauh menyangkut premis. Dari segi dinamika cerita, meski mengalir cukup mudah, namun belum cukup ada cuplikan-cuplikan dramatis dan tak terduga yang bisa membuat penonton terkejut.

Tak ada lagi dialog-dialog yang cukup kuat lalu viral dan mengatakan “itu mimpiku, bukan mimpinya” misalnya. MD Pictures memilih jalur aman karena tidak ingin mengecewakan para penonton serial tersebut, sayangnya hal tersebut tidak mengejutkan mereka. Versi filmnya kembali diperbincangkan dan kemudian kembali viral seperti seri sebelumnya.

Saya merasa aspek Rai bisa dieksplorasi lebih jauh dan lebih mendalam, yang akan menjadi perubahan menarik dari serial ini. Kita seharusnya tidak melihat Ray tampak sedih ketika dekat dengan wanita yang bukan orang tua. CERMIN: Nanti Kita Cerita tentang Perceraian Ini

Foto: Gambar MD

Jangan sampai kita melihat anggapan seperti itu yang mengurusnya hanya dua orang pembantu, sedangkan ibu sibuk dengan karirnya. Kita bisa melihat dampak yang lebih buruk dari perceraian terhadap kehidupan Roy di sekolah, serta ketika dia berada di antara teman-temannya.

Terbayang olehku, jiwa Roy yang masih belum pulih dari perceraian orang tuanya, kini terpaksa harus menikah dengan wanita yang menjadi penyebab retaknya keluarga orang tuanya dengan ayahnya. Aku berpikir betapa beratnya menjadi anak tunggal yang tidak pernah mengeluhkan perasaannya kepada siapa pun karena takut membuat ibunya kesal dan sedih.