Cerita Pesawat Ruang Angkasa Jepang Mendarat di Bulan, Lalu Kekurangan Tenaga

Wecome Ankaraataemlak di Portal Ini!

Ankaraataemlak, Jakarta – Jepang pada Sabtu, 20 Januari 2024 ini menjadi negara kelima yang mendaratkan pesawat di bulan. Namun krisis tenaga surya mengancam akan mempersingkat misi negara tersebut. Jepang ingin membuktikan bahwa teknologi penggunaan daratnya “benar” dan menghidupkan kembali program luar angkasanya yang bermasalah. Cerita Pesawat Ruang Angkasa Jepang Mendarat di Bulan, Lalu Kekurangan Tenaga

Badan Eksplorasi Dirgantara Jepang, atau JAXA, mengatakan Smart Lander for Lunar Research, atau SLIM, mendarat di permukaan bulan sekitar pukul 00:20 (1520 GMT Jumat). Namun panel surya tidak dapat menghasilkan listrik karena bentuknya yang bengkok.

JAXA adalah yang pertama mengirimkan data SLIM ke Bumi karena penyelidikannya bergantung pada fase-fasenya, yang dapat berlangsung “beberapa jam”. Namun, ada “pengobatan kesehatan” seperti penghilangan panas. Hitoshi Kuninaka, kepala Pusat Penelitian JAXA, mengumumkan hal ini pada konferensi pers.

Daripada menimbulkan lebih banyak kerusakan, JAXA akan mempertahankan status quo dan berharap mengganti panel surya. Jadi, dia bisa mendapatkan pekerjaannya kembali.

“Dibutuhkan waktu 30 hari bagi Bulan untuk mengubah sudut Matahari,” kata Kuninaka. “Jadi ketika arah matahari berubah dan cahaya bersinar dari arah lain, cahaya tersebut bisa mengenai sel surya.”

Menurut data Deep Space Network NASA, sinyal dari SLIM telah menghilang. Saat ini masih belum jelas apakah hilangnya sinyal mungkin bersifat sementara. Kominfo Sebut ‘Wasit’ Lembaga Pengawas Data Pribadi Dibentuk Pertengahan 2024

Dijuluki “penembak jitu bulan”, SLIM bertujuan untuk mendarat dalam jarak 100 meter (328 kaki) dari targetnya, dibandingkan dengan akurasi biasanya yang hanya beberapa kilometer. Ini adalah teknik yang menurut JAXA akan menjadi alat yang ampuh dalam pencarian kutub bulan di masa depan, yang dikenal sebagai sumber oksigen, bahan bakar, dan air yang layak.

“Melihat data lintasan, SLIM mencapai tingkat akurasi 100 meter,” kata Kuninaka, meski ia mengatakan perlu waktu satu bulan untuk mengonfirmasinya.

Jepang berusaha memainkan peran yang lebih besar di luar angkasa bersama sekutunya Amerika Serikat melawan Tiongkok. Jepang adalah rumah bagi beberapa lokasi peluncuran swasta dan JAXA berencana mengirim astronot ke bulan di tahun-tahun mendatang sebagai bagian dari program Artemis NASA.

Namun industri luar angkasa Jepang baru-baru ini menghadapi beberapa tantangan dalam pengembangan roket. Ini termasuk penundaan peluncuran roket H3 barunya pada bulan Maret yang diperkirakan akan mengakhiri persaingan biaya dengan pemasok roket komersial seperti SpaceX.

Kegagalan ini sangat menunda misi udara Jepang. Ini termasuk SLIM dan eksplorasi bulan dengan India, yang melakukan pendaratan bersejarah di kutub selatan Bulan dengan wahana Chandrayaan-3 pada bulan Agustus.

JAXA telah mendarat dua kali di asteroid kecil, namun tidak seperti pendaratan asteroid, gravitasi bulan membuat penjelajah tidak dapat melakukan eksperimen lebih lanjut, kata para ilmuwan. Tahun lalu, tiga misi ke bulan yang dilakukan oleh startup Jepang iSpace, perusahaan kedirgantaraan Rusia, dan perusahaan Amerika Astrobotic gagal.

Di Sagamihara, pinggiran Tokyo tempat pusat listrik Zaxa berada, sekitar 80 orang berkumpul di balai kota untuk menyaksikan pendaratan tengah malam.

“Ada peluncuran (roket JAXA) yang tidak direncanakan, jadi saya ingin ini sukses,” kata Toshi Yamamoto, seorang pekerja kantoran berusia 50-an.

Ada sedikit angin saat mendarat. Namun pendaratan SLIM di bulan telah diumumkan.

Pilihan Editor: Generasi Z percaya bahwa calon presiden dan wakil presiden peduli terhadap lingkungan, sebuah topik perdebatan presiden.

Selalu up to date dengan informasi terkini. Dengarkan berita dan berita pilihan dari Ankaraataemlak di saluran Telegram “Ankaraataemlak Update”. Klik https://t.me/tempodotcoupdate untuk bergabung. Anda harus menginstal aplikasi Telegram terlebih dahulu.

Laga perempat final Piala Asia 2023 antara Iran kontra Jepang akan disaksikan pada Sabtu, 3 Februari 2024 di Stadion Kota Pendidikan. Baca selengkapnya.

Menurut beberapa sumber, Jepang telah bertanya kepada Donald Trump apakah dia memilih untuk tidak memutuskan perjanjian dengan Tiongkok.

Baterai BU yang ramah lingkungan sedang dikembangkan. Ini tidak beracun dan tidak mencemari lingkungan. Baca selengkapnya

Bahan alami yang menjadi limbah di sekitar kita dapat dimanfaatkan sebagai pengobatan biologis. Dikatakan lebih ramah lingkungan. Baca selengkapnya

Kementerian Perekonomian dan Pembangunan buka suara terkait PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) atau KAI Commuter yang mengimpor KRL dari China. Baca selengkapnya Cerita Pesawat Ruang Angkasa Jepang Mendarat di Bulan, Lalu Kekurangan Tenaga

Baca selengkapnya Sepuluh kota teratas yang dipilih berdasarkan jumlah penyedia akomodasi yang dianugerahi Traveller Review Awards 2024 dari Booking.com.

Kisah Mahasiswa yang Tawuran di Bandara Pasar Rebo. Setelah tangannya diamputasi, impiannya untuk masuk sekolah menengah pertama (Akpol) pupus. Baca selengkapnya

Produsen Xiaomi mengembangkan chipnya untuk meningkatkan karakteristik baterai. Hal ini diyakini telah didirikan pada Baca lebih lanjut

Salah satu keunggulan restoran ini adalah bahan baku kuah ramennya berasal dari sari kolagen ayam yang telah dimasak selama delapan jam.

Samsung Galaxy S24 Plus telah diluncurkan dan disebut-sebut sebagai ponsel dengan fitur-fitur canggih di bidang Artificial Intelligence atau AI. Baca selengkapnya