Berlangsung Ketat, Babak Puncak SAC Indonesia 2023 Catatkan Dua Pemecahan Rekor

Selamat datang Ankaraataemlak di Portal Ini!

Ankaraataemlak – Persaingan ketat menjadi ciri babak puncak atletik terbesar Tanah Air Juara Energen Kejuaraan Nasional SAC Indonesia 2023 yang digelar di Stadion Sriwedari Solo, Jawa Tengah pada 18-20 Januari 2024. Berlangsung Ketat, Babak Puncak SAC Indonesia 2023 Catatkan Dua Pemecahan Rekor

Perebutan gelar Juara SAC atau Juara Nasional langsung berlangsung di hari kedua kompetisi, Jumat (19 Januari 2024). Hingga ia mencatatkan dua rekor sekaligus. Masing-masing nomor estafet putra (estafet 4x100m) dan lompat jauh putri.

Kontingen Kualifikasi Jawa Tengah tampak mendominasi. Tim putra SMK Muhammadiyah 1 Ajibarang menyudahi kualifikasi estafet 4x100m putra dengan waktu tercepat 44,67 detik.

Tak hanya mengamankan tempat di final pada Sabtu (20/1/2024), tim yang diperkuat Fahmi Candra, Raka Adi Prayoga, Catur Ridho, dan Denis Teguh juga berhasil memecahkan rekor nasionalnya sendiri (Energen Champion SAC). Indonesia).

Lebih baik 0,02 detik dari rekor sebelumnya (44,69 detik) yang mereka catat pada kualifikasi Jawa Tengah di Semarang pada 24-26 November 2023.

Sedangkan di posisi kedua ada tim SMAN 4 Malang yang sukses mencatatkan waktu 45,52 detik. Sementara SMAN 1 Bandar Lampung berada di peringkat ketiga dengan perolehan waktu 45,60 detik.

Masih belum diketahui apakah akan terjadi perubahan klasifikasi pada babak final yang digelar pada Sabtu, 20 Januari 2024. Hasil lengkap kompetisi dapat dilihat di situs resmi www.sacindonesia.com.

Rekor Energen Champion SAC Indonesia juga dibukukan oleh wakil Kualifikasi Jawa Tengah lainnya. Deiya Kurniya, siswa SPMA H Moenadi Ungaran menjadi juara pada kompetisi lompat jauh putri pada Kejuaraan Nasional Energen Champion SAC Indonesia 2023 yang diselenggarakan pada Sabtu 19 Januari 2024 di Stadion Sriwedari Solo.

Itu setelah dia berhasil mencatatkan lompatan 5,02m! Lompatan ini juga menjadikannya sebagai pemegang rekor lompat jauh Energen Champion SAC Indonesia yang baru. Serie A Italia Tetap 20 Tim, Cuma 4 Klub yang Mau Jumlahnya Dikurangi

Memecahkan rekor 4,95m siswa SMAN 2 Madiun Aufar Fadilah Dwi Caksono sebelumnya saat mengikuti Kualifikasi Jawa Timur pada Desember 2023.

Sebanyak 288 siswa tingkat SMA/sederajat dari peringkat 1, 2, dan 3 mewakili enam seleksi regional atau seleksi tingkat daerah yang dilaksanakan pada bulan Agustus hingga Desember lalu. Yaitu Kualifikasi Sumatera (di Medan), Kualifikasi Jawa Barat (di Bandung), Kualifikasi Bali-Nusa Tenggara (di Kupang), Kualifikasi Jawa Tengah (di Semarang), Kualifikasi DKI Jakarta-Banten (di Jakarta) dan Kualifikasi Jawa Timur (di Surabaya) .

Atlet pelajar terbaik akan bersaing untuk merebut Juara SAC Indonesia musim ini. Lima nomor lari yang dipertandingkan adalah lari cepat (lari 100m), lari jarak menengah (lari 1000m), lari estafet (estafet 4x100m), lompat jauh, dan tolak peluru.

Juara nasional diberikan pada pemusatan latihan internasional di luar negeri yang didukung oleh Pertamina.

Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) mengucapkan terima kasih atas konsep dan penyelenggaraan Energen Champion SAC Indonesia yang merupakan hasil kerja sama Pengurus Besar Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PB PASI) dan DBL Indonesia yang telah memulai musim keduanya.

Menurut Kemenpora, semangat SAC Indonesia sejalan dengan tujuan Desain Besar Olahraga Nasional atau DBON 2021-2045.

Hal itu disampaikan Wakabid Kebudayaan Olahraga Kapolri (Purn) Rudi Sufahriadi saat hadir langsung pada Kejurnas Energen Champion SAC Indonesia 2023 pada Jumat 19 Januari 2024 di Stadion Sriwedari Solo. Rudi tiba Moses Eleazar Ferdinandus (Wakil Anggota Kementerian Olahraga, Pendidikan, Pemuda dan Olah Raga). Mereka mewakili Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Ario Bimo Nandito Ariotedjo.

Menurut Rudi, dewan menginginkan pembinaan dan pengembangan olahraga nasional melalui DBON dapat berjalan efektif, efektif, unggul, terukur, sistematis, bertanggung jawab, dan berkelanjutan.

Mewujudkan visi Indonesia yang sehat, berkarakter unggul, dan berprestasi global. Untuk mewujudkan visi tersebut, pemerintah tentu menyiapkan langkah-langkah strategis. Diturunkan dari tingkat pemerintahan pusat ke tingkat pemerintahan daerah.

“Salah satu tujuan pelaksanaan tugas ini adalah pemerintah ingin tercapainya partisipasi siswa dan pelajar agar aktif dalam berolahraga. Aktivitas diukur dengan persentase olah raga, olah raga dan kesehatan tiga kali dalam seminggu selama minimal 60 menit setiap pertemuan,” kata Rudi Sufahriadi, mantan Komandan Korps Brimob yang terkenal dengan aktivitas bulutangkisnya.

Ia memberikan keterangan kepada wartawan didampingi Sekjen PB PASI Tigor Tanjung.

Tentunya dengan adanya kompetisi seperti SAC ini, para guru dan sekolah lebih terpacu untuk mendorong siswanya untuk berlatih sebagai persiapan mengikuti kompetisi.

Rudi juga mengucapkan terima kasih kepada DBL Indonesia, PASI dan sponsor yang secara tidak langsung mendukung DBON melalui SAC. Sebab dalam tujuan DBON lainnya, pemerintah berharap dapat mencapai kemajuan industri olahraga.

Secara khusus, Rudi mengapresiasi kerja sama antara PB PASI dan DBL Indonesia, serta sponsor seperti PT Mayora Indah, Tbk Energen melalui brand Champion dan Pertamina yang turut mendukung kompetisi olahraga pelajar terbesar di Indonesia tersebut.

Sudah dua musim PT Mayora Indah, Tbk mendukung kompetisi atletik pelajar terbesar di Indonesia, Kejuaraan Atletik Pelajar Indonesia (SAC), melalui brand Energen Champion.

Komitmen tersebut akan terus mereka pertahankan pada musim-musim berikutnya. Hal tersebut disampaikan kepada media oleh Haruman Rustandi, Direktur Pemasaran Energen Champion, dalam jumpa pers. Haruman mengatakan, mendukung SAC Indonesia merupakan salah satu cara Energen Champion berkontribusi dalam melahirkan champion-champion baru. “Menciptakan Master-Master baru,” tegasnya.

Salah satu pendukung SAC Indonesia tidak lain adalah acara tersebut diselenggarakan oleh DBL Indonesia. Energen Champion yang juga merupakan sponsor NBA memahami bahwa DBL Indonesia terus menyelenggarakan kompetisi bola basket pelajar. Keberlangsungan penyelenggaraan kompetisi DBL mulai membuahkan hasil positif di dunia bola basket Indonesia juga.

“Kami tahu komitmen dan konsistensi Mas Azrul (Azrul Ananda) dan DBL-nya. Kami percaya SAC Indonesia juga bisa mempengaruhi mahasiswa Indonesia di masa depan untuk menjadi juara baru,” jelasnya.

Musim ini, SAC Indonesia juga mendapat dukungan dari Pertamina. Keterlibatan Pertamina dalam dunia olahraga Indonesia bukanlah hal baru. Mereka telah mendukung berbagai olahraga. Saat ini, tentu saja hal itu terjadi di olahraga seperti bola basket, bola voli, dan MotoGP.

“Berpartisipasi di sini tentunya merupakan salah satu sumbangsih Pertamina terhadap dunia atletik Indonesia. Kami sangat senang dengan kerja sama ini, apalagi ajang ini berdampak langsung terhadap perkembangan anak usia dini di tingkat siswa mulai dari sekolah dasar hingga seterusnya. yang kita lakukan bersama-sama di SAC Indonesia dapat melahirkan atlet-atlet yang mengharumkan nama negara”, ujar Brasto Galih Nugroho, Direktur Regional Jawa Tengah Pertamina Patra Niaga. Berlangsung Ketat, Babak Puncak SAC Indonesia 2023 Catatkan Dua Pemecahan Rekor

Sementara itu, Pendiri dan CEO DBL Indonesia Azrul Ananda mengatakan atletik berpotensi menjadi olahraga terbesar Tanah Air. Setidaknya terbesar kedua setelah sepak bola. Optimisme Azrul muncul setelah menyaksikan perjalanan Energen Champion SAC Indonesia selama dua musim terakhir. Ia terkejut melihat antusiasme yang semakin besar dari para mahasiswa Energen Champion SAC Indonesia.

“Musim lalu kita meraih Energen Champion SAC Indonesia di 10 kualifikasi, tahun ini kita meraih 6 kualifikasi. Tapi dari segi peserta dan penonton, tahun ini jauh lebih banyak dibandingkan tahun lalu,” kata Azrul kepada awak media.

“Tahun ini jumlah peserta setiap pertandingan kualifikasi bertambah rata-rata 4.936 (42 persen). Jumlah sekolah peserta juga bertambah rata-rata 387 (108 persen). Dan rata-rata jumlah penonton bertambah 9.702 orang. orang, atau 63 persen, dibandingkan tahun sebelumnya. 2022,” jelasnya.

Berdasarkan hal tersebut, Azrul meyakini atletik berpotensi menjadi olahraga terbesar kedua di Indonesia. “Atletik adalah induk dari segala cabang olahraga, sehingga potensinya sangat besar. Harapannya melalui SAC Indonesia kita bisa bersama-sama memaksimalkan olahraga atletik yang pada akhirnya dapat membantu Indonesia mencapai level tertinggi. Karena peraih medali terbanyak di turnamen multi cabang olahraga adalah di bidang atletik,” jelasnya.

Sebagai kompetisi pelajar terbesar, SAC Indonesia ibarat piramida terbalik dalam dunia atletik, menurut Azrul. DBL Indonesia sendiri bersama PASI terus merencanakan prioritas ke depan. Pikirkan juga evolusinya setiap tahun.

“Siapa yang terbaik di sini pasti dipilih PASI. Pengalaman musim lalu seperti ini. Misalnya kemarin ada kompetisi di Bangkok, atletnya juga didatangkan dari sini. Meski sebagian besar peserta di sini belum pernah ke sana. .PASI melakukan pengawasan karena itu syarat”, kata Azrul.

Sebagai rasa terima kasih dan memberikan pengalaman baru, para pemenang kompetisi Energen Champion SAC Indonesia 2023 akan kembali mengikuti pelatihan internasional.

“Juaranya kita bawa lagi ke luar negeri. Tahun lalu kita ke Australia, kita ikut kejuaraan di sana. Tahun ini sama, tapi kemana perginya masih dirahasiakan, nanti akan diumumkan oleh Pertamina,” canda Azrul kepada SAC Indonesia 2023. . Sukses Dirayakan, 16 Atlet Terbaik Dikirim ke China Kompetisi atletik pelajar terbesar Tanah Air, Kejuaraan Nasional SAC Indonesia 2023, telah mencapai puncaknya. 16 atlet terbaik dikirim ke Shanghai, China. Ankaraataemlak 22 Januari 2024