Benarkah Nyamuk Demam Berdarah Lebih Suka Gigit Orang yang Tidur di Pagi Hari?

Selamat datang Ankaraataemlak di Website Kami!

JAKARTA – Demam berdarah dengue atau DBD merupakan penyakit yang disebabkan oleh virus dengue dan ditularkan melalui nyamuk Aedes aegypti. Penyakit ini mematahkan tulang dan persendian, namun menimbulkan rasa sakit yang parah pada korbannya. Benarkah Nyamuk Demam Berdarah Lebih Suka Gigit Orang yang Tidur di Pagi Hari?

Jika demam berdarah tidak ditangani dengan baik, dapat menyebabkan komplikasi serius bahkan kematian. Pakar demam berdarah Dr. Marsen Isbayuputra, Sp.OK menjelaskan, penderita DBD bisa saja terjangkit DBD lagi. Apakah Anda terus menggulir? Jaga Gula Darah Tetap Normal dengan Mengonsumsi 6 Buah Ini

“Sebenarnya virus demam berdarah itu bermacam-macam jenisnya. Jika seseorang mendapat DB untuk pertama kalinya, Misalnya kalau virusnya berbeda, masih bisa tertular lagi,” ujarnya saat memberikan ceramah pada survei genetik di Jakarta Selatan, Jumat, 2 Februari 2024.

Marsen menambahkan: “Jadi ada banyak spesies; Tapi ada berbagai default. Kalau dia sudah terjangkit DBD, ada risiko DBD lagi karena dia terkena virus tersebut,” jelasnya.

Di sisi lain, terkait waktu penyebaran nyamuk Aedes aegypti, Marsen mengatakan musim hujan ini merupakan musim berkembang biak nyamuk demam berdarah.

Selain itu, nyamuk demam berdarah cenderung menggigit manusia di pagi hari. Oleh karena itu, benar jika Marsen mengatakan bahwa seseorang sebaiknya tidak tidur di pagi hari karena berisiko lebih tinggi tertular virus demam berdarah.

“Sebenarnya fase menggigit biasanya terjadi pada pagi hari; Gigitan lebih sering terjadi di pagi hari.” Itu sebabnya kamu tidak menyadarinya jika kamu digigit di pagi hari. “Saat tidur, durasi gigitannya lebih lama sehingga kemungkinan virus masuk ke dalam tubuh lebih tinggi,” ujarnya.

Marsen menambahkan: “Kami biasanya menonton saat kami digigit karena kami sedang tidur. Saat kita digigit saat tidur, kita menampar atau mendorong diri kita sendiri. Kami tidak bisa mengendarainya; Jadi risiko tergigit lebih lama dan ada risiko masuknya kembali virus,” jelasnya.

Proses pemulihan

Marsen mengungkapkan, pasien DBD biasanya dirawat di rumah sakit. Namun proses kesembuhan pasien DBD membutuhkan waktu yang lama. Setelah beberapa hari dirawat di rumah sakit, pasien tidak kunjung sembuh 100 persen. Anda mungkin juga merasa lelah setelah perawatan. Itu sebabnya penting untuk istirahat yang cukup dan mengonsumsi makanan bergizi. Benarkah Nyamuk Demam Berdarah Lebih Suka Gigit Orang yang Tidur di Pagi Hari?

“Jika seseorang terkena demam berdarah, mereka punya pilihan untuk berobat. “Setelah berobat, saya akan pulang. Sesampainya di rumah, saya perlu pemulihan selama satu hingga dua minggu,” ujarnya.

Dia berkata, “Saya perlu istirahat karena saya tidak dapat melanjutkan aktivitas normal. Jika Anda ingin bekerja, Anda boleh bekerja, tetapi tidak sebanyak sebelum Anda sakit.” Anda perlu makan makanan bergizi. “Istirahatlah dan makan makanan yang bergizi,” jelasnya. 6 Alasan Kucing Sangat Suka Bermain Karton Sebagai pemilik kucing, Anda mungkin pernah mengalami momen ketika kucing Anda lebih suka bermain dengan karton daripada mainan mahal yang Anda beli. Mengapa? Inilah alasannya. Ankaraataemlak 31 Januari 2024