700 Pelajar dari 75 SMA Ditantang Jadi Generasi Inovator dan Pemikir Kreatif Masa Depan

Selamat datang Ankaraataemlak di Situs Kami!

BANDUNG – Pesatnya masuknya teknologi digital di dunia industri telah mengembangkan beberapa keterampilan penting yang perlu diketahui para pekerja. 700 Pelajar dari 75 SMA Ditantang Jadi Generasi Inovator dan Pemikir Kreatif Masa Depan

Laporan Ketenagakerjaan Forum Ekonomi Dunia tahun 2023 menyebutkan bahwa banyak keterampilan diperkirakan akan tumbuh pesat dalam lima tahun ke depan, termasuk kemampuan berpikir kreatif dan analitik, literasi digital, serta mengelola kecerdasan buatan dan teknologi besar. informasi.

Dalam rangka memberdayakan generasi muda dalam mengasah berbagai keterampilan penting untuk masa depan, dua program pelatihan STEAM (Sains, Teknologi, Teknik, Seni dan Matematika), STEAM Innovation Festival dan AWS Girls’ Tech Day diadakan untuk lebih dari 700 siswa di SMA/SMK/MA 75 di Jawa Barat pada Agustus-November 2023. Puluhan Ribu Pengunjung Saksikan Transformasi Digital Kemenag di Dev-X

Pada STEAM Innovation Summit, mahasiswa akan ditantang untuk membuat proyek STEAM baru yang dapat menjawab tantangan nyata dan berkontribusi terhadap pencapaian tujuan pembangunan berkelanjutan.

Kompetisi ini diharapkan dapat menginspirasi generasi muda tentang bagaimana bidang STEAM dapat memberikan solusi berbagai permasalahan sosial dan memfasilitasi lahirnya generasi baru Indonesia.

Untuk mendukung penelitian dan pemikiran, mahasiswa diberikan pelatihan design thinking dan bantuan teknis. Di akhir kompetisi, 15 tim teratas mempresentasikan dan mempresentasikan model proyek inovatifnya di hadapan panel juri.

Sementara itu, AWS Girls’ Tech Day memberikan pengalaman pembelajaran langsung yang menghubungkan anak perempuan dan laki-laki dengan bidang STEAM.

Diluncurkan secara global pada tahun 2018 dan Indonesia pada tahun 2022, inisiatif ini bertujuan untuk memberikan peluang dan peluang yang setara bagi pendidikan STEAM sekaligus menciptakan pemimpin teknologi perempuan masa depan di India.

Program ini memiliki dua kegiatan utama yang dirancang interaktif dan menarik, yaitu diskusi panel inspiratif dengan para pemimpin teknologi perempuan dan sesi pengembangan proyek menggunakan alat robotika Quarky dan perangkat lunak Pictoblox.

Robert Gardiner, Penasihat Pendidikan dan Ketenagakerjaan Selamat Junior Indonesia, mengatakan generasi muda memiliki motivasi yang tinggi untuk mengambil peluang, dan memiliki peluang besar untuk mengatasi tantangan yang ada di masyarakat.

“Bersama Amazon Web Services (AWS), kami memperkenalkan kedua program ini untuk membantu generasi muda mewujudkan impian mereka menjadi pekerjaan yang nyata dan menguntungkan,” kata Robert dalam keterangannya, Kamis, 21 Desember 2023.

“Program ini merupakan langkah awal yang penting dan menarik bagi mahasiswa untuk memahami hakikat dan peluang teknologi digital, menekankan pada keterampilan teknis baru seperti coding dan robotika, serta berbagai keterampilan non-teknis seperti kolaborasi, pemecahan masalah, dan komunikasi. .Kami melihat kemitraan ini sebagai investasi dalam membangun pemberdayaan para pemimpin muda dan komunitas yang lebih kuat,” lanjutnya.

Dr. Iendra Sofyan S.T., M.Si., Direktur Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Provinsi Jawa Barat, menyatakan dukungannya terhadap proyek yang dicanangkan tersebut. 700 Pelajar dari 75 SMA Ditantang Jadi Generasi Inovator dan Pemikir Kreatif Masa Depan

“Program ini sejalan dengan program pembangunan Jabar. Kami akan fokus menyiapkan sumber daya manusia yang lebih baik untuk mencapai visi Indonesia Emas pada tahun 2045,” ujarnya.

Pada STEAM Innovation Festival yang diadakan beberapa waktu lalu di Bandung, Tim Gorilla SMA Cahaya Rancamaya IBS Bogor dinobatkan sebagai juara pertama untuk konsep mereka yang diberi nama Surgeon (Sarung Tangan Terjemahan Bahasa Isyarat Berbasis Arduino Nano).

Ide mereka adalah perangkat berbentuk sarung tangan dengan sensor gyro, potensiometer, dan algoritma yang dirancang khusus yang berfungsi menerjemahkan bahasa isyarat ke bahasa lisan secara real time. Ide inovatif ini lahir dari keprihatinan mereka terhadap banyaknya tantangan yang dihadapi oleh penyandang tunarungu dan tuna wicara dalam kehidupan sehari-hari akibat keterbatasan komunikasi. Tindakan mendesak diperlukan untuk mendorong perkembangan teknologi digital Untuk mendorong perkembangan teknologi digital, para pemangku kepentingan yang mengelola semua sektor, termasuk telekomunikasi, perlu bertindak cepat. Ankaraataemlak 30 Januari 2024