6 Jenis Buah yang Menyebabkan Asam Lambung Naik, Lemon hingga Apel Hijau

Sugeng rawuh Ankaraataemlak di Portal Ini!

Jakarta – 6 Jenis Buah yang Menyebabkan Asam Lambung Naik, Lemon hingga Apel Hijau

Penderita GERD sebaiknya menghindari buah-buahan yang meningkatkan asam lambung. Tidak selalu mudah untuk menentukan buah mana yang menyebabkan sakit maag, karena pemicu sakit maag bisa berbeda-beda pada setiap orang.

Bagi sebagian orang, lemon dan buah-buahan dapat memperburuk gejala keasaman. Gejala sakit maag yang paling umum adalah nyeri dada dan tenggorokan, yang juga dikenal sebagai mulas.

Asam lambung adalah cairan asam yang terbentuk di lapisan lambung. Cairan ini disebut juga asam klorida (HCl). Cairan ini membantu memecah makanan yang Anda konsumsi agar mudah dicerna. Pelurus Rambut Tingkatkan Risiko Kanker Rahim, Kok Bisa?

Produksi asam lambung yang berlebihan dapat menyebabkan naiknya asam lambung atau GERD (gastroesophageal reflux disease), yaitu naiknya asam dari lambung ke kerongkongan sehingga menyebabkan nyeri dada (mulas). Orang awam sering menyebut kondisi ini sebagai sakit maag atau acid reflux.

Makanan menjadi salah satu faktor pemicu sakit maag. Faktanya, jenis buah tertentu bisa menyebabkan asam lambung naik ke kerongkongan atau menyebabkan kondisi tersebut.

Buah dan sayur umumnya kaya akan vitamin dan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Namun bagi penderita sakit maag, ada beberapa jenis buah yang bisa menyebabkan asam lambung naik atau gejalanya semakin parah.

Menurut Healthline, jumlah asam lambung yang meningkat saat Anda mengonsumsi makanan tertentu mempengaruhi jumlah asam lambung yang diproduksi atau mempengaruhi fungsi sfingter esofagus bagian bawah (LES) yang memisahkan lambung dari kerongkongan. .

Di bawah ini, dari berbagai sumber, adalah buah-buahan penyebab asam lambung dan sebaiknya dihindari jika Anda memiliki riwayat GERD.1. Jeruk lemon

Berbicara tentang buah jeruk, tentu saja lemon yang terlintas dalam pikiran. Penderita asam lambung sebaiknya menghindari buah berwarna kuning ini karena sangat asam.

Menurut Australian Academy of Science, lemon memiliki tingkat keasaman (pH) sekitar 2. Hal ini pula yang membuat rasa lemon menjadi sangat asam. Coklat muda

Tak hanya lemon, jeruk juga menjadi salah satu buah yang sebaiknya dibatasi bagi penderita asam lambung. Hal ini dikarenakan buah ini memiliki tingkat keasaman yang cukup tinggi.

Keasaman atau pH mempunyai skala dari 0 hingga 14. Semakin rendah, semakin asam makanan tersebut. Jeruk memiliki pH sekitar 3,69-4,34 yang dapat menyebabkan keasaman lambung meningkat. Jeruk bali

Grapefruit, juga dikenal sebagai grapefruit, adalah buah berwarna oranye dengan daging berwarna merah muda. Seperti buah jeruk lainnya, jeruk bali memiliki tingkat keasaman yang cukup tinggi dengan pH 2,9-3,3,4. Sebuah nanas 6 Jenis Buah yang Menyebabkan Asam Lambung Naik, Lemon hingga Apel Hijau

Selain jeruk, buah lain yang meningkatkan keasaman lambung adalah nanas. Nanas memiliki pH sekitar 3-4. Oleh karena itu, penderita asam lambung sebaiknya membatasi konsumsi buah ini. Apel hijau

Berbeda dengan apel merah, apel hijau memiliki rasa asam. Oleh karena itu, konsumsi apel hijau secara berlebihan dapat menyebabkan iritasi dan memperparah gejala sakit maag. Tomat

Selain dikonsumsi langsung, tomat kerap diolah menjadi saus atau penyedap makanan. Namun buah berwarna merah ini sebaiknya dibatasi untuk penderita asam lambung.

Hal ini dikarenakan tomat memiliki tingkat keasaman yang cukup tinggi dengan pH sekitar 4,05-4,65. Oleh karena itu, konsumsi tomat dan makanan olahan yang tinggi dapat menyebabkan peningkatan keasaman lambung. Tonton video “Prinsip Perilaku Penderita Asam Lambung Tinggi Saat Puasa dan Puasa” (ath/up)