10 Manfaat Semangka untuk Ibu Hamil, Bisa Kurangi Pembengkakan pada Kaki

Wecome Ankaraataemlak di Situs Kami!

JAKARTA – Saat hamil, penting untuk mengonsumsi makanan seimbang seperti buah-buahan. Hal ini disebabkan banyaknya manfaat kesehatan dari makan buah selama kehamilan. 10 Manfaat Semangka untuk Ibu Hamil, Bisa Kurangi Pembengkakan pada Kaki

Salah satu buah yang bermanfaat bagi ibu hamil adalah semangka. Seperti namanya, semangka merupakan buah yang 92% air dan 100% rasa, menjadikannya salah satu makanan rendah kalori terbaik.

Buah ini merupakan sumber nutrisi penting yang sangat baik, termasuk vitamin A, C, B6, magnesium, dan potasium. Rutin Minum Jus Bayam dan Nikmati Ragam Khasiatnya

Semangka juga kaya akan serat sehingga menjadi bagian dari “pengisi perut”. Biji buah ini renyah dan bisa dimakan utuh.

Manfaat semangka saat hamil1. Meredakan rasa sakit di hati. Semangka membantu meredakan sakit jantung selama kehamilan dan menenangkan perut dan saluran pencernaan.

Ibu hamil menderita berbagai masalah pencernaan seperti asam lambung dan sakit maag. Semangka memiliki sifat mendinginkan yang membantu meringankan masalah dan memberikan bantuan instan. Mengurangi pembengkakan pada kaki dan lengan. Edema atau pembengkakan ringan pada kaki dan lengan sangat umum terjadi selama kehamilan. Semangka, dengan kandungan airnya yang tinggi, mengurangi penyumbatan pada pembuluh darah dan otot, sehingga membantu mencegah pembengkakan.3. Mengurangi mual di pagi hari. Semangka yang dikonsumsi di pagi hari memberikan awal hari yang sangat menyegarkan, menenangkan dan ringan. Ia juga mengandung sifat nutrisi dan energi yang mencegah terjadinya mual di pagi hari. Mencegah Dehidrasi Semua ibu hamil disarankan untuk banyak minum air putih untuk mencegah dehidrasi yang dapat menyebabkan kontraksi dini dan berujung pada persalinan prematur.5. Mengurangi kejang otot. Saat hamil, tubuh wanita mengalami berbagai perubahan. Kelebihan berat badan dan perubahan hormonal dapat menyebabkan nyeri otot dan tulang.

Makan semangka dalam bentuk apa pun membantu tubuh mengatasi perubahan dengan lebih baik dan mengurangi rasa sakit.

6. Mencegah pigmentasi. Banyak ibu hamil menderita pigmentasi kulit. Masalah menjengkelkan ini bisa menghilangkan kebahagiaan saat hamil.

Semangka membuat tinja tetap lancar dan membuat makanan lebih mudah dicerna. Hal ini pada gilirannya berdampak baik pada tekstur kulit. Pigmentasi kulit di berbagai bagian tubuh diminimalkan dengan pembersihan tubuh secara teratur.7. Meningkatkan Imunitas Saat Anda hamil, tubuh Anda mencari dua jiwa – Anda dan bayi Anda yang sedang tumbuh. Setiap kemunduran kesehatan Anda dapat secara langsung mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan janin.

Jangan khawatir! Konsumsi semangka secara teratur dapat membantu memperkuat dan meningkatkan dukungan terhadap sistem kekebalan tubuh Anda. Meredakan ruam panas. Kehamilan juga meningkatkan suhu tubuh sehingga menyebabkan ruam panas yang dapat menyebabkan iritasi dan gatal-gatal. Semangka, dengan sifat melembapkan dan mendinginkannya yang tinggi, merupakan solusi terbaik untuk mengatasi ruam.

Buah musim panas ini juga mencegah kulit kering jangka panjang dengan menjaganya tetap terhidrasi dan gatal. 10 Manfaat Semangka untuk Ibu Hamil, Bisa Kurangi Pembengkakan pada Kaki

9. Mengobati Infeksi Saluran Kemih (ISK). Di awal kehamilan, banyak wanita yang mengeluhkan infeksi saluran kemih (ISK). Ini adalah masalah umum namun menjengkelkan yang diperburuk oleh ketidakmampuan mendapatkan perawatan yang tepat selama kehamilan.

Buah berair ini sangat bermanfaat untuk kesehatan saluran kemih karena kandungan airnya yang tinggi dan sifat antibakterinya. Dengan demikian, semangka membantu menghilangkan bakteri stagnan dari saluran kemih, sehingga menghindari buang air kecil yang terus-menerus dan menyakitkan. Mendukung pembentukan tulang janin. Semangka juga sangat kaya akan kalsium dan potasium, mineral yang berhubungan langsung dengan perkembangan tulang masa depan Anda.