1.570 Mahasiswa Unimed Jalani KKN, Tersebar di 13 Kecamatan Deli Serdang

Wecome Ankaraataemlak di Portal Ini!

Medan – Tahun 2023, sebanyak 1.570 mahasiswa Universitas Negeri Medan (Unimed) menerima Kuliah Kerja Nyata (KKN) yang dilaksanakan di Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara. Kegiatan ini berlangsung pada tanggal 10 Juli hingga 19 Agustus 2023. 1.570 Mahasiswa Unimed Jalani KKN, Tersebar di 13 Kecamatan Deli Serdang

Acara pelepasan ribuan mahasiswa KKN Unimed dipimpin langsung oleh Pakar Masyarakat dan Sumber Daya Manusia Sekretariat Daerah Deli Serdang, Dr David Efrata Tarigan MSP di Lapangan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Deli Serdang pada Senin, 10 Juli. 2023.

“Dalam situasi seperti ini, mahasiswa harus bisa menyesuaikan diri dan menyesuaikan diri dengan masyarakat saat mengikuti Kuliah Kerja Nyata (KKN), kata David yang juga mewakili Bupati Deli Serdang H Ashari Tambunan. Resmi, Ini 8 Instansi yang Buka Formasi Sekolah Kedinasan 2024, Lulus Jadi CPNS

David menyampaikan di hadapan ribuan mahasiswa Unimed bahwa sebagai intelektual dan agen pembangunan, hendaknya mahasiswa diperkaya dengan beragam ilmu dan kemampuan dalam semangat tritunggal perguruan tinggi yaitu ruh mahasiswa.

“Siswa harus mampu beradaptasi untuk membantu mengatasi permasalahan masyarakat, salah satunya adalah memberikan peluang bagi masyarakat desa setempat untuk meningkatkan kesejahteraannya,” kata David.

Pada kesempatan yang sama, David menjelaskan, selain belajar, mahasiswa juga diwajibkan melakukan penelitian yang bermanfaat bagi masyarakat. Sehingga Anda siap mengikuti semua program studi dan pembelajaran.

“Pada akhirnya tidak hanya berkontribusi pada kelancaran dan suksesnya pelatihan, tetapi juga menyumbangkan pemikiran bagi keberhasilan pelaksanaan pembangunan Kabupaten Deli Serdang,” jelas David.

David mengatakan, sebagai mahasiswa yang siap meraih kesuksesan, ia harus mampu kreatif dan inovatif dalam melihat situasi dan peluang yang ada. Oleh karena itu, mahasiswa KKN Unimed diharapkan dapat mengenal potensi desa yang merupakan tatanan kehidupan dan meraih masa depan cerah.

“Saya mohon agar kalian dapat mengikuti KKN dengan baik dan cepat beradaptasi dengan lingkungan dengan menjalin hubungan baik dengan masyarakat dengan kerjasama yang baik. Hindari hal-hal yang dapat menimbulkan konflik dengan masyarakat. Sensitivitas dan logika kalian, pengetahuan kalian,” kata David.

David meyakini kehadiran mahasiswa KKN tidak hanya memberikan dampak akademis yang positif, namun juga dapat memberikan manfaat dan dukungan nyata kepada masyarakat Deli Serdang.

“Atas nama Pemerintah Daerah (Pemkab) Kabupaten Deli Serdang, saya mengucapkan terima kasih karena Deli Serdang telah dijadikan wadah untuk melaksanakan program kerja-kajian nyata,” kata staf ahli tersebut.

Sementara itu, Dekan I Fakultas Bisnis Unimed, Dr Eko Wahyu Nugrahadi MSi, mengatakan Deli Serdang memiliki 1.570 mahasiswa KKN Unimed yang tersebar di 71 desa di 13 kecamatan di Kabupaten Deli Serdang.

“Dalam pelaksanaannya, kerjasama pimpinan desa dan perangkat desa, daerah, dan kabupaten sangat diperlukan agar program yang direncanakan dapat berjalan dengan baik dan lancar,” ujarnya. 1.570 Mahasiswa Unimed Jalani KKN, Tersebar di 13 Kecamatan Deli Serdang

Ada prinsip yang harus diikuti oleh siswa, antara lain kewajiban berkomunikasi dengan perangkat desa dan kota serta organisasi dan lembaga terkait. Prinsip lainnya adalah program yang dilaksanakan disesuaikan dengan kemampuan masing-masing siswa.

Yang ketiga adalah awet atau tahan lama. Program yang dilaksanakan tidak berakhir setelah selesainya KKN, namun wajib dibuat program yang melibatkan perangkat desa, masyarakat dan menyampaikannya kepada masyarakat. Akhirnya program yang dilaksanakan diterima oleh masyarakat luas. Bos Danacita membenarkan kerja sama Pinjoli dengan ITB No Profit Sharing PT Inclusive Finance Group atau Danacita menegaskan kerja sama keuangannya dengan 148 kampus, termasuk Institut Teknologi Bandung (ITB). Ankaraataemlak 2 Februari 2024